:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Kajian pengaruh proses rekrutmen dan seleksi terhadap kinerja pegawai pada sekretariat jenderal departemen energi dan sumber daya mineral

Ellyta Yuliyanti; M. Syamsul Maarif, supervisor; Djaka Permana, examiner; Retno Kusumastuti, examiner; Azhar Kasim, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Sumber daya manusia (SDM) memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan dan mencapai sasaran organisasi, selain itu kinerja organisasi juga bertumpu pada faktor manusianya. Untuk dapat memperoleh pegawai yang handal dan profesional, maka diperlukan berbagai kegiatan yang baik, mencakup proses rekrutmen dan seleksi pada tahapan awal. Kegiatan rekrutmen dan seleksi yang baik diharapkan akan dapat menghasilkan calon-calon pegawai yang berkinerja baik. Oleh karena itu, penelitian ini memilih judul Kajian Pengaruh Rekrutmen dan Seleksi terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Jenderal Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.
Penelitian ini dilakukan pada Sekretariat Jenderal Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, di karenakan adanya perkembangan organisasi, sehingga terjadi rotasi dan mutasi pada posisi jabatan vital, padahal di sisi lain sumber darya manusia yang kompeten yang ada saat ini cenderung terbatas dan semakin berkurang, karena secara alamiah pegawai akan mengalami masa pensiun, berhenti, pindah kerja dan meninggal dunia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan pengolahan data dengan menggunakan Teknik Structural Equation Modelling (SEM). Teknik pengumpulan data berdasarkan studi literatur untuk memperoleh landasan teori yang terkait dengan penelitian ini dan studi lapangan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada pegawai. Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 102 orang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh rekrutmen terhadap seleksi, pengaruh rekrutmen terhadap kinerja dan pengaruh seleksi terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Jenderal Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seleksi secara signifikan dipengaruhi oleh rekrutmen, dan bahwa kinerja dipengaruhi secara signifikan oleh seleksi, sedangkan rekrutmen mempengaruhi secara tidak langsung terhadap kinerja melalui proses seleksi. Penelitian ini merekomendasikan agar Sekretariat Jenderal dalam melaksanakan perekrutan untuk mendapatkan pegawai yang berkinerja baik, maka harus memiliki proses rekrutmen dan seleksi yang sesuai dengan tujuan organisasi dan memenuhi kebutuhan perkembangan organisasi.

Human resource has important part in developing and reaching the organization goals, on the other hand, organization performance leans on the human factor. In order to get solid and professional, it requires good activities, included recruitment process and selection on first step. Good recruitment and selection activities are expected to get good performance candidates of employee. Therefore, this research chose the title of Study of the Impact of Recruitment Process and Selection to the Employee?s Performance of General Secretariat of Department of Energy and Mineral Resources.
This research has been done at General Secretariat of Department of Energy and Mineral Resources, it?s because of organization development happened, which caused rotation and mutation on the vital position, actually, on the other side current competent human resource is in few amount and even decreasing number, because in scientific way employee will come to retirement, firing, mutation, and dying.
The method which has been used in this research is descriptive method and data processing by using Structural Equation Modeling (SEM) Technique. Data collecting Technique based on lecture study to reach basic theory which is connected to this research and field study by spreading the questioners to the employees. The sample of this research is 120 employees.
The purpose of this research is to explain whether any impact of recruitment to the selection, the recruitment impact to the performance and selection impact to the performance of employee of the General Secretariat of Department of Energy and Mineral Resources.
The result of this research shows that selection significantly is affected by recruitment and so that the performance is significantly affected by selection, however, recruitment is indirectly affected the performance by selection process. This research recommends to handle recruitment in General Secretariat to get good performance employee, so has to have suitable recruitment and selection process to the organization goal and reach organization development?s needs.

 Metadata

No. Panggil : T24463
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 120 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T24463 15-19-034034336 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 116480