:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Kinerja pegawai KPP Pratama Jakarta Tebet ditinjau dari karakteristik pekerjaan, kreativitas, kemandirian dan kompetensi

Wibowo Dwi Restanto; Nuryadi, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pekerjaan, kreativitas, kemandirian, dan kompetensi dengan kinerja pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Modern Tebet. Kinerja adalah penilaian diri terhadap prestasi kerja yang diperlihatkan oleh seseorang dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan, dengan indikator: kecepatan, kualitas, layanan, nilai, keterampilan interpersonal, mental untuk sukses, terbuka untuk berubah, kreativitas, keterampilan berkomunikasi, inisiatif, dan perencanaan dan organisasi. Karakteristik pekerjaan adalah dimensi inti pekerjaan yang berisi sifat-sifat tugas yang bersifat khusus yang ada di dalam semua pekerjaan dan dirasakan oleh para pekerja dan dianggap dapat mempengaruhi sikap dan perilaku pekerja terhadap pekerjaan, yang meliputi aspek: variasi keterampilan, identitas tugas, signifikansi tugas, otonomi, dan umpan balik.
Kreativitas adalah kemampuan seorang dalam melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan sebelumnya dan memungkinkan munculnya penemuan-penemuan baru, dengan indikator: kelancaran, keluwesan, orisinalitas, elaborasi, dan redefinisi. Kemandirian adalah hasrat untuk mengerjakan segala sesuatu bagi diri sendiri dengan indikator: percaya diri, tidak mengharap bantuan orang lain, mau berbuat sendiri, tanggung jawab, ingin berprestasi tinggi, menggunakan pertimbangan rasional dalam memberikan penilaian, mengambil keputusan dan memecahkan masalah, menginginkan rasa bebas, dan selalu mempunyai gagasan baru. Sementara kompetensi manajerial adalah kompetensi yang berhubungan dengan berbagai kemampuan manajerial yang dibutuhkan dalam menangani tugas-tugas organisasi. Kompetensi ini berkaitan erat dengan kemampuan manajerial yang dapat diukur berdasarkan indikator: kemampuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan korelasional dengan melibatkan 86 responder yang diambil secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Spearman Rank dan uji reliabilitas. menggunakan Spearman Brown. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistika, yakni korelasi Spearman Rank yang pengolahannya dilakukan dengan program SPSS versi 13.0.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kinerja pegawai, karakteristik pekerjaan, kreativitas, kemandirian, dan kompetensi tergolong baik. Sementara itu, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa seluruh hipotesis yang diajukan diterima. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara karakteristik pekerjaan dengan kinerja pegawai, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas dengan kinerja pegawai, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemandirian dengan kinerja pegawai, dan Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi manajerial dengan kinerja pegawai.

This research was aimed to examine the correlation between job characteristics, creativity, independency, and competency with performance at Kantor Pelayanan Pajak Modern Tebet. Performance is a self-assessment toward job achievement showed by individuals in accomplishing their tasks to obtain goals indicated by speed, quality, service, value, interpersonal skill, mental to success, open to change, crativity, communication skill, iniciative, and planning and organization. Job characteristics is a core dimension of job comprising spicific task traits within all jobs perceive by employees which affecting attitude and behavior of employees toward jobs, consist of skill variance, task identity, task significance, autonomy, and feedback.
Creativity is an ability of individual in creating something new, either ideas or products which relatively different to the forgoings and enabling new discoveries, indicated by fluency, flexibility, originality, elaboration, and redifinition. Independency is a desire to complete all things for himself indicated by self-esteem, independent from helps, work indivudually, responsibility, highachiever, using rational consideration in giving judgement, decision making, and problem solving, freedom, and new ideas. Whereas managerial competence is a competence related with all managerial capacities needed in handling organizational tasks. It relates with managerial abilities which can be measured with ability in planning, organizing, actuating, and controlling.
Descriptive and correlational methods were implemented in this study. 86 respondents drawn using simple random sampling technique were participated by administering quessionaire. Spearman Rank was used to test validity, and Spearman Brown was used to test reliabiity. Obtained data then were examined using Spearman Rank assissted with SPSS Ver. 13.
Descriptive analysis showed that employee performance, job characteristics, creativity, independency, and competence were good. Hypotheses testing also showed that all proposed hypotheses were accepted. Results showed that there was a positive and significant relationship between job characteristics and employees performance, there was a positive and significant relationship between creativity and employees performance, there was positive and significant relationship between independence and employees performance, and there was positive and significant relationship between managerial competence with employees performance.

 Metadata

No. Panggil : T24580
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 108 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T24580 15-20-738429910 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 116732