:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Identifikasi faktor-faktor risiko yang berpengaruh di tahap engineering pada proyek EPC terhadap kinerja biaya (review terhadap prosedur engineering di PT.X)

Izin Hendri Riyatno; Yusuf Latief, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Proyek engineering proqunenment dan contruction EPC dilaksanakan dengan melibatkan banyak pihak dan memakai berbagai macam sumber daya. dan juga menghadapi banyak masalah ketidakpastian dan risiko. jika terjadi. mempunyai dampak terhadap kinerja proyek dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor risiko di tahap engineering yang niempengaruhi kinerja biya pada proyek LPC dari sisi kontraktor. Proses didalam manajemen risiko proyek adalah identifikasi faktor-faktor risiko. analisa risiko. evaluasi risiko. dan tindakan mengelola risiko).
Penelitian untuk mengetahui faktor-faktor risiko dilakukan secara kualitatif. dengan menganalisis data persepsi !ang didapat dari kuisioner dengan responden tim engineering atau team inti proyek perusahaan EPC yang ada di Indonesia dan yang mempunyai pengalaman dalam projek EPC. analisa data diolah dengan mendapatkan prioritaslrangking faktor dan dilakukan analisa levelrisiko.
Hasil analisa data dengan AHP dan analisa level risiko menunjukkan ada lima belas faktor risiko Lltama di tahap engineering j anng berpengaruh terhadap kinerja biaya proyek EPC j,ang terbagi dalam 6 kelonipok faktor, yaitu : proses desain, sumber daya, kebutuhan pemilik, ketersediaan waktu, performa. Tindakan pencegahan dan koreksi dari kelima belas faktor dominan tersebut yang didapat dari pakar dan referensi digunakan sebagai masukan terhadap prosedur engineering yang tersedia. sehingga dampak dari faktor-faktor risiko tersebut dapat di analisir.

Engineering. Procurement. and Constrruction projects (EPC) there involved with many people and used a lot of resources. faced a lot of uncertainty and risk. which we happened. would be impact the performance of the project.
This research objective is to identify the risk factors that influenced cost performance on engineering phase of EPC project. from the contractor's point of view. The project risk management processes are risk factor identification, the risk analysis, risk evaluation, risk response or risk treatment.
The risk factors research try to find out qualitatively, by analyzing the perception data as the result of the questioners to the engineering tim. the core team of the EPC project and whorn had the experienced in EPC project. Risk Analysis quantified tlie risk variable fro111 the questioner result, and then the data will be processed with the
Analytic Hierarchy Process (AHP) i11 order to have the priority factor. There are tifteen main risk factor that influence cost performance of EPC pro-ject divided on 6 (six) category : Design process. resources. client needs. site survey. time availability. engineering team performance. Preventive action and correction to be taken as per experts and reference shall be used as input for establish engineering procedure. so that influence of risk factor shall be minimized.

 Metadata

No. Panggil : T24458
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 146 hlm. ; ill. ; 30 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T24458 15-20-209184698 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 116756