:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisis peningkatan performasi dengan metode balanced scorecard pada finance departement (studi kasus ABC LTD)

Fathullah; Sofjan Assauri, supervisor; Rhenald Kasali, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Dewasa mi, di mana tingkat persaingan usaha semakin ketat, pengimplementasian strategi bagi suatu perusahaan adalah merupakan suatu keharusan. Agar menjadi efektif, maka visi, misi dan strategi yang ditetapkan oleh perusahaan pada tingkat korporat, harus ditürunkan ke tingkat yang lebih rendah. Proses penurunan visi, misi dan strategi dari tingkat korporat ke unit-unit di dalam perusahaan bertujuan agar apa yang sudah ditetapkan oleh pihak manajemen sebagai tujuan perusahaan, maka tujuan tersebut harus dapat diterjemahkan oleh unit-unit di dalam perusahaan tersebut. Proses untuk menterjemahkan visi, misi dan strategi perusahaan ini, tidak hanya berfokus kepada aspek finansial saja. Aspek-aspek non-finansial juga perlu diukur sebab keberlangsungan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh aspek financial, tetapi juga ditentukan oleh aspek-aspek non-fmansial yang mendukung proses penciptaan nilai tambah yang terjadi di dalam perusahaan. Konsep inilah yang diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton yang mereka sebut dengan balanced scorecard. Sejak diperkenalkan pada tahun 90-an telah banyak perusahaan yang menerapkannya dengan sukses. Unit yang dianalisis dari penelitian mi adalah finance department sebagai support unit, yaitu unit yang memberikan dukungan dan pelayanan kepada business unit dalam rangka menjalankan aktivitasnya untuk menghasilkan revenue bagi perusahaan. Finance department memegang peranan yang penting untuk turut serta menyukseskan pengimplementasian strategi perusahaan, yaitu dengan membuat visi, misi dan strategi yang selaras dengan visi, misi dan strategi perusahaan. Penelitian mi menelaah literatur tentang teori-teori yang berkaitan dengan balanced scorecard untuk finance department sebagai support unit.Kesimpulan yang diambil dati analisis ini, yaitu yang pertama adalah bahwa finance department sebagai support unit perlu melakukan keselarasan strategi dengan visi, misi dan strategi perusahaan. Kedua, kerangka balanced scorecard dapat digunakan untuk tingkat departemen (dalam kasus mi finance department). Namun perspektif yang digunakan harus disesuaikan dengan proses penciptaan nilai yang ada di dalam departemen yang bersangkutan.

These days, where level of effort competition growing tightens, the implementation of strategy for a company is a compulsion. In order to become effective, the vision, mission and strategy that specified by company at corporation level, must degraded to lower level. The objective of process of vision degradation, mission and strategy from corporation level to units in company in order to what has been specified by the party of management as the company aims, then the target can be translated by units in the company. Process to translate vision, mission and corporate strategy, not only focus to financial aspect only. Non-financial aspects also must be measured because the company persistence not only determined by aspect financial, but also determined by supportive non-financial aspects process of added value creation that happened in company. Kaplan and Norton that they mention with balanced scorecard introduce this concept. Since introduced in 90s already many companies that apply it successfully. Unit that analyzed from this research is the finance department as support unit, that is unit that give support and service to business unit in order to run its activity to produce revenue for company. Finance department plays important role to have a successful share implementation corporate strategy that is by make vision, mission and strategy in harmony with corporate vision, mission and strategy. This Research literature study about balanced scorecard related to theories for finance department as support unit. The conclusion taken away from this analysis that is, first, finance department as support unit needs to align its strategy with corporate vision, mission and strategy . Second, framework balanced scorecard applicable to mounts department (in this case finance department).Nevertheless in perspective must adapted for process of value creation that exist in pertinent
department.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T23075
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 94 pages ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T23075 15-23-48814776 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 116830