:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengukuran kinerja dan pemeringkatan kontraktor jasa kapal tanker minyak dengan metoda : Multi-Atttibute Utility Theory (MAUT)

Ridwan; M. Dachyar, supervisor; Yadrifil, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pengukuran kinerja kontraktor jasa kapal tanker minyak yang mendistribusikan minyak keseluruh Indonesia melalui jalur perairan. Model dan pengolahan data mengunakan metoda Multi Atttibute Utility Theory (MAUT) yang merupakan teori pengambilan keputusan dengan multi kriteria dan multi alternatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuisioner, sedangkan analisis dilakukan dengan merujuk pada standar dan pendapat para ahli di perusahaan yang bersangkutan.
Dari analisis terhadap hasil wawancara, didapat pengukuran kinerja terhadap 7 kontaraktor kapal tanker minyak dan diperingkatkan dengan hasil Berlian Laju Tanker pada peringkat pertama diikuti oleh Puteri maju sukses pada peringkat 2, Humpuss intermodal pada peringkat 3, Pelumin pada peringkat 4, Sukses ocean K Line pada peringkat 5, Bumi International Tanker pada peringkat 6 dan Karsa Wiyana pada peringkat 7. Dari 7 kontaktor tersebut terdapat 3 kontraktor yang memiliki nilai dibawah 14,4 (target pencapaian 60% dikatagorikan baik) yaitu Sukses ocean K Line pada peringkat, Bumi International Tanker dan Karsa Wiyana yang harus diperbaiki.

This research focus at measurement for performance of oil tanker?s contractors that distributing oil for Indonesia through territorial water band. Model and data processing with Multi Attribute Utility Theory ( MAUT) method representing theory of multi criteria and multi alternative decision making. Data collecting conducted with interview and questionnaire, while analysis is done refer to standard and expert?s opinion of the company.
From analysis to result interview, got a performance measurement to 7 contractors of oil tanker and rating with Berlian Laju Tanker at the first followed by Puteri Maju Sukses at 2nd, Humpuss Intermodal at 3th, Pelumin at 4th, Sukses Ocean K Line at 5th, Bumi International Tanker at 6th and Karsa Wiyana at 7th. From 7 contractors, there are 3 contractor owning value under 14,4 ( attainment 60% of total performance ) that is Sukses ocean K Line, Bumi International Tanker and Karsa Wiyana have to be improved.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T24251
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 46 lembar; il., 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T24251 15-20-598271530 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 116902