:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Dampak fluktuasi variabel ekonomi makro terhadap DPK yang dihimpun dan penyaluran pembiayaan perbankan syiriah di indonesia

Rossar Maries; Nurul Huda, supervisor; Nasution, Mustafa Edwin, examiner; Hardius Usman, examiner; Rahmatina, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur respon yang ditimbulkan oleh fluktuasi masing-masing variabel ekonomi makro terhadap DPK yang dihimpun dan pembiayaan yang disalurkan. Dan untuk mengetahui variabel ekonomi makro mana, yang memberikan pengaruh yang dominan terhadap DPK yang dihimpun dan pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah. Variabel ekonomi yang digunakan adalah inflasi, kurs, M2, dan SBI-satu bulan. Data-data yang digunakan adalah data-data time series 2003 sampai dengan 2007 yang berasal dari Statistik Perbankan Syariah dan Statistik Ekonomi Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Vector Auto Regressive (VAR). Metode VAR umumnya digunakan untuk mempelajari dinamika variabel tertentu setelah terjadinya shock atau perubahan pada perekonomian. Analisis yang lebih ditekankan pada penelitian ini adalah analisis Impulse Response Function dan Variance Decomposition. Kedua analisis tersebut berguna untuk mempelajari perilaku shock suatu variabel dan variabel manakah yang paling dominan dalam menjelaskan variabel yang lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel ekonomi makro mempunyai pengaruh yang kecil terhadap terhadap DPK yang dihimpun dan pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah. Dan masing-masing variabel ekonomi makro tidak mempunyai pengaruh yang dominan terhadap DPK yang dihimpun dan pembiayaan yang disalurkan.

This research is aimed to identify and determine responses caused by fluctuation of each macroeconomics variable to the third party funding and financing. It is also to figure which macroeconomic variable having dominant influence to the funding and financing disbursed by Islamic banking. The variables used are inflation, exchange rate, M2, and Bank Indonesia Certificate ? one month. Data used in this research are time series data from 2003 to 2007 taken from the Statistics of Islamic Banking and Statistics of Indonesian Economy.
Methodology used in this research is Vector Auto Regressive (VAR). VAR is generally used to study certain variables dynamics after shock or economic changes occur. The analysis focused on this research is Impulse Response Function and Variance Decomposition analysis. Both analysis is appropriate to study the shock behaviour of certain variable and which variable has dominant influence in explaining the others.
The result of this research shows that each macroeconomics variable has minor influence to the third party deposits and financing disbursed by Islamic banking. Also, each macroeconomics variable does not have dominant influence to the third party funding and financing.

 Metadata

No. Panggil : T25359
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxi, 91 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T25359 15-19-217932893 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 119807