:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengeringan pada produk ( Tapel ) dengan Microwave ( Pre - Treatmen: Blower) = Drying process of herbal medicine (tapel) using microwave and pre-treatment with blower

Brian Christianto; Muhammad Idrus Alhamid, supervisor ([Publisher not identified] , 2008)

 Abstrak

ABSTRAK
Pengeringan merupakan suatu proses menghilangkan air dari suatu bahan. Proses pengeringan berlaku apabila bahan yang dikeringkan kehilangan sebahagian atau keseluruhan air yang dikandungnya. Proses pengeringan banyak digunakan oleh berbagai macam industri. Sebuah Perusahaan X yang bergerak di bidang obat-obatan dan kosmetik tradisional menggunakan proses pengeringan dalam proses produksinya. Salah satu produk dari perusahaan ini adalah tapel parem yang mana dalam proses produksinya menggunakan proses pengeringan. Pada perusahaan X ini menggunakan dua metode pengeringan, pengeringan tersebut adalah dengan menggunkan matahari dan dilanjutkan dengan menggunakan oven konveksi. Pengeringan dengan menggunakan matahari mengalami kendala, karena saat ini di dunia sedang terjadi efek pemanasan global yang mengakibatkan cuaca menjadi tidak menentu, laju produksi pada perusahaan menjadi terhambat.
Tujuan dari penulisan skribsi ini adalah untuk menemukan suatu metode pengeringan yang lebih efisien tetapi tetap menjaga kualitas dari produk dari segi warna dan bentuknya. Penulis berusaha untuk memecahkan permasalah tersebut dengan menerapkan metode pengeringan yang lain yaitu salah satunya dengan menggunakan microwave dan Pretreatment menggunakan kipas.
Analisa yang dilakukan antara lain adalah : penyebab terjadinya penurunan kualitas pada produk hasil pengeringan dengan menggunakan microwave, pengaruh penggunaan pretreatment pada produk hasil pengeringan , dan pengaruh penggunaan spons dan kasa pada produk hasil pengeringan.

ABSTRACT
Drying is a process to subtract water component from certain substance. To carry out drying process is to make the substance loses its whole water component or part of it. Nowadays, many industries utilize this process in their production. An X Incorporate who produces herbal medicine as well as cosmetic products is currently using this process. Tapel parem is one of its products that go into drying process. This corporation is using two drying methods, by using sunlight and convection oven. The sunlit method is recently in front of a problem. The global warming effect causes the weather into an uncertain condition, furthermore inhibits the production.
The objective of this paper is to reveal new drying method that more efficient, as well maintaining premium quality product. The writer is solving the question with a new drying method, which is using microwave, and blower for the pretreatment. Moreover, the use of sponge and gauze is also applied to increase the quality of the drying product.
The analysis observed includes the cause of quality degradation in microwave processed products; the influence of pretreatment in dried products; the influence the use of sponge and gauze in dried products.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Brian Christianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxiii, 138 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-17-778771879 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123398