:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Makna Sputnik dalam novel 'Suputoniku no Koibito' karya Murakami Haruki

Mutiara Nilangsuka; Bambang Wibawarta, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Tema kesepian dan keterasingan menjadi suatu ciri khas dalam karya-karya Murakami Haruki. Demikian pula yang terdapat dalam novel ?Suputoniku no Koibito?. Pada skripsi ini tujuan penulis adalah menemukan makna Sputnik di dalam novel tersebut melalui makna yang dibentuk oleh tokoh Sumire, Miu, dan K serta dari hubungan-hubungan yang terbentuk di antara mereka. Pada akhirnya, Sputnik dapat dianalogikan sebagai representasi dari rasa kesepian dan keterasingan yang dialami oleh masing-masing tokoh.
Melalui analisis tentang hubungan-hubungan yang terbentuk di antara ketiga tokoh, ditemukan pula beberapa persamaan antara bentuk hubungan-hubungan tersebut dengan sifat maupun fungsi dari Sputnik sebagai satelit. Hingga akhirnya dapat disimpulkan bahwa Sputnik dalam novel ini adalah sebuah metafora.

Loneliness and alienation are the distinct characteristic of Murakami Haruki?s works. Such was also the case in Suputoniku no Koibito. In this thesis, the writer?s purpose is to find the meaning of Sputnik in the novel through the meaning that is formed by Sumire, Miu, and K's characters and also from the relationships that?s also formed between them. In the end, Sputnik could be analogized as the representation of each character's lonely and remote feelings.
Through analyzing the relationships that formed between the three characters, there could be found some similarities between those relationships and the characteristics as well as the functions of Sputnik as a satellite. So that in conclusion, Sputnik in this novel is used as a metaphor.

 Metadata

No. Panggil : S13563
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 93 lembar; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S13563 14-20-557613597 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123449