:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Gambaran perencanaan pengadaan obat-obatan di Instalasi Farmasi RSU Zahirah Jakarta Tahun 2008

Dyah Ayu Pancaningrum; Adang Bachtiar, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Farmasi rumah sakit adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik, yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Dalam memenuhi kebutuhan barang farmasi, fungsi perencanaan dan pengadaan logistik dalam manajemen logistik memegang peranan yang sangat penting, perencanaan dan pengadaan yang tidak baik mempengaruhi kelancaran pelayanan baik mutu layanan atau mutu standar asuhan keperawatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana gambaran perencanaan pengadaan obat-obatan di Instalasi farmasi RSU Zahirah. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara terhadap ketua instalasi farmasi, staf logistik farmasi, dan staf purchasing obat dari unit keuangan, observasi dan studi dokumentasi sebagai cross check agar validasi data tetap terjaga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instalasi farmasi belum melakukan perencanaan pengadaan dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembenahan sistem yang telah dijalankan di instalasi farmasi, disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan ketersediaan dana, dengan mengikutsertakan pihak yang terkait antara lain apoteker, dokter, perawat sehingga pengadaan menjadi rasional dan efisien.

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S5331
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 156 pages : illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S5331 14-20-655873801 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123500