:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Simulasi impact spherical impactor nylon dengan circular plate GFRP = Impact simulation between spherical impactor nylon and circular plate GFRP

Bethara Putra Ardeawan Pranoto; Gatot Prayogo, supervisor ([Publisher not identified] , 2008)

 Abstrak

Ls-Dyna atau yang lebih dikenal dengan Dyna3D, pada awalnya dikembangkan oleh Lawrence Livermore National Laboratory. Pada awalnya program ini digunakan untuk analisa stress benda akibat impact dan bersifat static, pada masa itu kemampuan program dan computer sangat sulit untuk melakukan analisa benda yang kecepatan tertentu. Namun dengan makin kompleksnya benda yang harus dianalisa dan makin pesatnya kemajuan teknologi, proses analisa yang melibatkan kecepatan dan gesekan menjadi semakin mungkin untuk dilakukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat simulasi impact dengan mengguankan program ansys-ls dyna dan menganalisa transient impact response yang terjadi saat material Spherical Nylon yang diasumsikan Linear Isotropic menumbuk Cylinder GFRP yang berbahan Viscoelastic.
Metoda yang digunakan dalam tugas akhir kali ini adalah studi literatue dan simulasi komputasi dengan menggunakan program Ansys-Ls Dyna. Hasil dari simulasi akan diverifikasi dengan hasil eksperimen yang telah dilakukan sebelumnya dengan menggunakan material Nylon dan GFRP viscoelastic.
Dari hasil simualsi dengan mengguankan program ansys dan diasumsikan material mengguakan Linear Isotropic didapatkan bahwa tegangan searah sumbu X saat V=100m/sec pada titik [1] adalah 4.26x106 Pa, pada titik [2] 4.57x106 Pa, sedangkan shear stress pada titik [3] sebesar 3.01x106Pa, niali contact time 1.51x10-2 sec, nilai contact area adalah 1.3mm dan nilai strain rate adalah 29.4. Nilai ini terus bertambah seiring dengan bertambahnya kecepatan yang dikenakan pada Nylon.
Simulasi dilakukan dengan menggunakan program Ansys-Ls Dyna, dan dari hasil simulasi diketahui bahwa Contact time yang terjadi antara Nylon dan GFRP menjadi lebih cepat dengan meningkatnya kecepatan atau velocity yang dikenakan pada nylon. Hal ini dikarenakan deformasi yang terbentuk atau contact area yang terjadi pada nylon juga menjadi lebih besar dengan meningkatnya kecepatan yang dikenakan pada Nylon. Hal ini menjadi kebalikan dari eksperimen nylon dengan material viscoelastic.

Dyna3D originated at Lawrence Livermore National Laboratory. The early application were primary for the stress analysis of structures subjected to a variety of impact loading. These application required what was the significant computer resource and the need for a much faster version was immediately obvious. Part of the speed problem was related to the inefficient implementation of the element technology which was further aggravated the fact that supercomputer in 1976 were much slower than today?s PC.
This research is making the simulation impact using Ansys V9.0 Program and analyze transient impact response that happened between Spherical Nylon that assumed as Linear Isotropic with Cylinder GFRP which Viscoelastics materials.
The method used in this final Project is study literature and computing simulation using Ansys V9.0 Program. The simulation Result will be verificated with experiment result which have been done before using material Nylon and GFRP viscoelastic.
The result from the simulation is stress at velocity V=100m/sec point [1] 4.26x106 Pa, point [2] 4.57x106 Pa, is while shear stress point [3] 3.01x106Pa, contact time 1.51x10-2 sec, contact area is 1.3mm and strain rate is 29.4. This value continue to increase along with increasing of Velocity.
There is a different between Simulation and Experiment which done before. The contact time in simulation is faster than experiment. This is happen because of different material behavior. In Viscoelastic Material, when the material got stress it will be deform into elastic deformation. But in Linear Elastic, the the material have a stress there will be a small deformation. So the energy that consume by Viscosity material and Linear material would be different.

 Metadata

No. Panggil : S37353
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 70 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37353 14-17-157099954 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123692