:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Komitmen terhadap kelompok sebagai penyebab kontinuitas penyalahgunaan narkoba

Reza Ardila R.; Johannes Sutoyo, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini mengaplikasikan teori commitment to deviance yang dibuat oleh Jeffrey T. Ulmer. Pada dasarnya teori ini menjelaskan bahwa tekanan internal maupun eksternal mempunyai pengaruh yang penting dalam mengambil keputusan dan tindakan dan sebagai faktor potensial dalam kontinuitas perilaku menyimpang atau konformis. Pada teori ini terdapat tiga tipe komitmen yaitu structural commitment, personal commitment, dan moral commitment.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan suatu penjelasan akan sebuah fenomena penyalahgunaan narkoba yang berkelanjutan pada sebuah kelompok, dimana komitmen seseorang terhadap kelompoknya yang menyimpang dapat menyebabkan seseorang tidak dapat berhenti memakai narkoba. Hasil penelitian menunujukan bahwa komitmen individu terhadap kelompoknya yang menyimpang akan membuat individu tersebut tetap melakukan perbuatan yang menyimpang. Dalam hal ini selama individu tersebut masih bersosialisasi dengan kelompoknya maka hampir dipastikan kontinuitas penggunaan narkoba akan terus berlanjut.

This study applies commitment to deviance that created by Jeffrey T. Ulmer . Basically, this theory explains that the internal and external pressure have significant influence in decision making and action and as a potential factor in the continuity of deviant or conformist. On this theory there are three types of commitment : Structural commitment, personal commitment, and moral commitment.
The goal of this research is to provide an explanation of a continuity of group drug abuse phenomenon, where a commitment to the deviant group can cause continuity abusing drugs. Result of this research shows that commitment to deviant group proves continuity of deviant act. As long as they are socializing with the deviant group then the continuity of drug abuse will conduct.

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 117 lbr; il;29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-255891719 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 123723