Skripsi ini mencoba untuk menjawab bagaimanakan proses kreativitas para guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan kajian pustaka.Kajian mengenai kreativitas ini dilihat dari proses terbentuknya pengetahuan belajar mengajar dari para guru. Pengetahuan para guru terbentuk berdasarkan informasi yang diproses secara bersama untuk menghasilkan skemaskema interpretasi dan tindakan yang berhubungan dengan situasi sosialnya. Informasi-informasi tersebut diperoleh oleh para guru dari rangsangan-rangsangan extra personal dan intrapersonal yang saling berinteraksi dan mengumpan balik, serta berkombinasi dengan motivasi dan harapan para pelakunya. Pada akhirnya ada pengetahuan baru yang terbentuk pada para guru, dan ada juga yang berubah serta ada pengetahuan yang bertahan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas para guru merupakan wujud tanggapan mereka berupa makna dari situasi lingkungan sosial yang terus menerus dialami selama mengajar. Pengetahuan-pengetahuan para guru yang dinamis tersebut menunjukkan juga bahwa budaya yang dimiliki para guru dinamis, yaitu budaya terus menerus mengalami pembentukan. This thesis was an attempt to answer the extent to which the teachers? creativity in the teaching-learning process had. This research used a qualitative approach with case studies, technical data collection techniques with in depth interviews, observation and library research.This study focused on the process of how the teachers? knowledge about the teaching and learning process was established. Their knowledge was established based on information that had been processed together to produce interpretation schemes and actions related with their respective social situations. The information was obtained by the teachers from extrapersonal and intrapersonal stimulus that were mutually interacted and feedback each other, and combined with the motivation and hope of the doers. In the end, new knowledge of the teachers was established, some changed and some persisted.The results of this research showed that the creativity of teachers was the manifestation of their responses towards the meaning of their ever changing social situation that they experienced during teaching. The dynamics of the teachers? knowledge reflected that the culture of the dynamic teachers, that is, the culture that was continuously experiencing formulations. |