:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Dukungan Teknologi Informasi terhadap Inisiatif Knowledge Management: Studi Kasus PT Bank XYZ, Tbk.

Lusiana Darmawan; Abdul Muthalib, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Dalam beberapa dekade terakhir telah terjadi transformasi ekonomi dari yang awalnya berbasis sumber daya alam menjadi berbasis aset intelektual atau pengetahuan. Pengetahuan yang dimiliki suatu perusahaan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan daya saingnya terhadap kompetitor. Untuk itu, banyak perusahaan yang mulai melirik potensi dari knowledge management (KM) guna menangani serta mendayagunakan aset intelektual yang mereka miliki. KM merupakan suatu proses pengidentifikasian, pengembangan, penyebaran, serta pengaplikasian pengetahuan yang dimiliki organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Kesuksesan dari inisiatif KM tentunya tidak terlepas dari dukungan teknologi informasi (TI). Teknologi sebagai salah satu komponen utama KM menyediakan mekanisme yang memungkinkan organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, menyebarkan, serta mengakses data, informasi, dan pengetahuan yang dimilikinya.
Berdasarkan kondisi di atas, maka peneliti melakukan penelitian untuk untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana teknologi informasi mendukung inisiatif KM yang dijalankan oleh perusahaan serta manfaat apa yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi informasi tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan tipe penelitian berupa studi kasus intrinsik pada suatu perusahaan yang bergerak di sektor perbankan,yakni PT Bank XYZ, Tbk. Kemudian dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian, teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta telaah kepustakaan.
Dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa inisiatif KM telah lama dijalankan oleh PT Bank XYZ, Tbk. Mereka memiliki berbagai kegiatan terkait dengan praktik KM, seperti: Friday Sharing Session, Meet the Authors, LeSeAn, dan sebagainya. Teknologi informasi dimanfaatkan terutama untuk mendukung proses komunikasi serta penyimpanan pengetahuan, terutama explicit knowledge. Kemudian dengan melihat kondisi TI mereka yang sifatnya tersebar, peneliti menyarankan adanya proses pengintegrasian yang dapat ditempuh dengan membangun suatu company portal yang dapat menjadi pintu gerbang menuju sistem informasi serta sumber-sumber pengetahuan yang dimiliki perusahaan.

 File Digital: 10

Shelf
 SK-674-AnalisisDukunganTI..Ref..pdf :: Unduh
 SK-674-AnalisisDukunganTI.Abstrak.pdf :: Unduh
 SK-674-Analisis.DukunganTI.-MetodologiAsl.pdf :: Unduh
 SK-674-Analisa Dukungan.-Bibliografi.pdf :: Unduh
 SK-674-Analisis.DukunganTI.Kesimpulan.pdf :: Unduh
 SK-674-Analisis.DukunganTI.-Literature.pdf :: Unduh
 SK-674-Analisis.DukunganTI.-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 SK-674-Analisis.DukunganTI.-HA.pdf :: Unduh
 SK-674-AnalisisDukunganTI.ANALISIS-ok.pdf :: Unduh
 SK-674-Analisis.DukunganTI.-Lampiran.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x +110 halaman; il. + lampiran
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indoneisa
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-20-978791300 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 124029