Tesis ini membahas sikap tenaga akademik terhadap layanan perpustakaan pada Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka (Puslata UT) Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil sampel sebanyak 66 tenaga akademik yang bekerja pada empat fakultas yang ada di UT Pusat Jakarta. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap yang mempunyai aspek kognitif, afektif, dan konatif para tenaga akademik terhadap layanan perpustakaan yang mencakup: koleksi, pelayanan, fasilitas dan sumber daya manusia, adalah positif. Disarankan agar Puslata UT dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kreatif dan menarik secara periodik untuk menarik pengunjung, tetap terbuka terhadap perkembangan teknologi informasi, dan tetap menjaga dan meningkatkan layanan. The focus of this study is the academic staff?s attitude towards library services at The Centre of Library Services (Puslata) of Universitas Terbuka (UT), Jakarta. This research is quantitative with 66 samples of academic staffs from four faculties at UT. Questionnaires are used to collect the data, and then the data was analyzed in descriptive method. The result shows that attitude on cognitive, affective, and connative aspects of academic staffs on library services including, collections, services, facilities, and human resources is positive. It was suggested that Puslata UT to carry out creative and interesting activities periodically in order to get customer attention, open minded on information technology development, and maintain and even improve its services. |