:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan self-efficacy dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi = The correlation of self efficacy with anxiety at student that doing thesis to get bachelor degree

M. Anton Oktary K.; Sri Fatmawati Mashoedi, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Sebagai syarat kelulusan skripsi tentulah dapat menimbulkan perasaan cemas pada mahasiswa yang mengerjakannya. Dari penelitian Primusanto (2000) didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dengan tingkat kecemasannya sehari-hari atau normal. Kecemasan timbul tidak hanya disebabkan oleh kejadian yang dirasakan mengancam. Tetapi juga lebih diakibatkan oleh persepsi mengenai ketidakmampuan diri dalam mengatasinya. Persepsi atau keyakinan terhadap ketidakmampuan diri ini berkaitan dengan self efficacy mahasiswa tersebut. Pertanyaan yang timbul adalah apakah ada hubungan antara self efficacy dengan kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian sebanyak 91 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Dalam penelitian ini dipakai 2 jenis kuesioner, yaitu kuesioner self efficacy dan kuesioner kecemasan. Semua data yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment yang terdapat pada program SPSS. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa self efficacy memiliki korelasi yang negatif dengan kecemasan mahasiswa saat mengerjakan skripsi. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik pada penelitian berikutnya, perlu kiranya menambahkan subyek penelitian dari berbagai perguruan tinggi yang berbeda. Pada penelitian berikutnya juga bisa ditambahkan variabel baru seperti motivasi, minat, dan lain-lain.

As condition to pass the thesis for get bachelor degree, this strenght time of course can generate feeling worry at student doing it. Primusanto ( 2000) research said there are difference level of anxiety for student which is doing thesis with dayly anxiety. Anxiety arise not only because of felt occurence menace, but also from ourself perception concerning disability to through it. Perception or confidence about the anxiety, it?s related to student self efficacy. The question is, there is any relation between self efficacy with anxiety at student which is doing thesis for get bachelor degree?
This research use quantitative approach with research subyek counted 91 students. The students participants at this time must be in condition doing thesis for get bachelor degree. There is any two type quesioner in this research,one is the self efficacy quesioner and second one is anxiety quesioner. All the data be analysed use correlation technique of Pearson Product Moment with SPSS software methode. The result of research, obtained that self efficacy have negative correlation with anxiety at the moment when the student doing thesis for get bachelor degree. To obtain better result at the next research, it is sugessted to enhance research subyek from various different college, also will be better if the research enhanced the new variable to get valid data, like motivation, intens and others.

 File Digital: 9

Shelf
 155.25 OKT h - Hubungan self-HA.pdf :: Unduh
 155.25 OKT h - Hubungan self-Literatur.pdf :: Unduh
 155.25 OKT h - Hubungan self-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 155.25 OKT h - Hubungan self-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 155.25 OKT h - Hubungan self-Abstrak.pdf :: Unduh
 155.25 OKT h - Hubungan self-Bibliogarfi.pdf :: Unduh
 155.25 OKT h - Hubungan self-Analisis.pdf :: Unduh
 155.25 OKT h - Hubungan self-Lampiran.pdf :: Unduh
 155.25 OKT h - Hubungan self-Metodologi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 62 hlm; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FPSI UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-049797709 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 124434