Abstract
Bisnis Properti di Indonesia yang terpuruk sejak krisis moneter 1997 mulai bangkit seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi Indonesia saat ini. Besarnya kapitalisasi bisnis properti membuat banyak pihak tertarik untuk terlibat dalam bisnis tersebut. PT. SCG merupakan salah satu perusahaan swasta yang mencoba meraih keuntungan dalam bisnis properti sebagai broker. Tingginya persaingan di antara broker properti yang ada di Indonesia menuntut PT. SCG mencari sebuah model bisnis untuk mengatasi persaingan tersebut. Berdasarkan ?trend? dan perkembangan teknologi yang berkembang saat ini maka PT. SCG memutuskan untuk memilih model e-business, dengan mengembangkan portal Iklan-Properti.com sebagai alternatif untuk dapat bersaing dengan broker properti lainnya.
Dalam Penelitian ini penulis mencoba menganalisa dengan pendekatan teori e-business terhadap pengembangan portal Iklan-Properti.com dari rencana bisnis hingga implementasinya. Dari analisa tersebut penulis berharap dapat memberi gambaran proses yang sebaiknya dilakukan dalam mengembangkan sebuah model e-business. Pada akhir penelitian penulis akan mencoba memberi kesimpulan dan saran terhadap pengembangan Iklan-properti.com.