:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara sosialisasi gender oleh orang tua dengan prasangka gender pada remaja = Correlation between parental gender sociallization and sexism among adolescent

Siregar, Dewi Ashuro Itouli; Sri Rochani Soesetio, supervisor; Judiawati E. Markum, examiner; Sri Fatmawati Mashoedi, examiner (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Berdasarkan teori social learning, perlakuan orang tua yang berbeda secara tradisional terhadap anak laki-laki dan perempuan dipercaya sebagai salah satu sumber prasangka gender. Untuk membuktikan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sosialisasi gender oleh orang tua (Gender Socialization Scale, Raffaeli & Ontai, 2004) dengan prasangka gender pada remaja (Ambivalent Sexism Inventory, Glick & Fiske, 1996). Partisipan terdiri atas 106 perempuan dan 94 pria di DKI Jakarta (n=200).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hostile sexism pada remaja pria lebih tinggi daripada perempuan. Sebaliknya, perempuan memiliki benevolent sexism yang lebih tinggi daripada pria. Diketahui pula bahwa orang tua menerapkan sosialisasi gender yang lebih tradisional pada remaja perempuan. Responden dari ibu yang lebih dominan ternyata memiliki benevolent sexism yang lebih tinggi.
Peneliti juga menemukan adanya hubungan data demografis berupa usia, tingkat pendidikan, dan status bekerja pada ibu dengan variabel utama penelitian. Berdasarkan analisis korelasi pearson, tidak terbukti bahwa sosialisasi gender oleh orang tua berhubungan dengan prasangka gender secara umum, maupun dengan benevolent sexism pada remaja pria dan perempuan. Namun demikian, ditemukan bahwa sosialisasi gender oleh orang tua memiliki hubungan dengan hostile sexism pada remaja pria meskipun tidak pada remaja perempuan. Temuan ini dapat mengembangkan pemahaman kita tentang sumber terjadinya prasangka gender.

 File Digital: 9

Shelf
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-Analisis.pdf :: Unduh
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-HA.pdf :: Unduh
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-Literatur.pdf :: Unduh
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-Abstrak.pdf :: Unduh
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-Lampiran.pdf :: Unduh
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-Bibliografi.pdf :: Unduh
 305.3 SIR h - Hubungan Antara-Metodologi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 73 pages; illustration; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-390007652 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125002