:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Menjaring rejeki, berbagi laut yang sama: Kajian institusi dalam kelompok-kelompok nelayan kongsi di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu = Fishing the fortune, sharing the same ocean: institutional study of kongsi fisher groups in Pramuka Island, Thousand Isle

Ery Damayanti; Iwan Tjitradjaja, supervisor; Arif Satria, examiner (Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Studi ini akan mengeksplorasi eksistensi dan bentuk institusi pengaturan kerja dan kesejahteraan kelompok nelayan kongsi di pulau Pramuka dengan menggunakan konsep kunci ekologi politik, institusi, teori kelompok, serta commons. Teori kelompok yang dibahas Olson (1965) juga akan diterapkan untuk menjelaskan perilaku individu dalam kelompok yang dipengaruhi dan mempengaruhi kelompok tersebut.
Studi ini mencoba mengungkap cara kerja institusi seperti yang diungkap Haller (2002: 10) bahwa cara institusi berevolusi dan berubah serta pengaruh yang dibawanya terhadap strategi ekonomi individu dan kelompok para aktornya, adalah isu yang diperdebatkan oleh berbagai teori berbeda dalam sejarah ekonomi, ilmu politik dan antropologi. Institusi yang dilihat di sini adalah aturan main yang formal dan informal, seperti hambatan, norma, nilai dan aturan. Semuanya memberi insentif pada kelompok dan individu, juga membangun struktur aksi dan interaksi manusia, khususnya dalam kegiatan-kegiatan ekonomi, dalam aksi kolektif (collective action) dan dalam pemanfaatan sumberdaya yang berkelanjutan.

The study tends to explore the existence and forms of institutions in which jobs and welfare are managed in kongsi fisher groups in Pramuka island using the key concept of political ecology, institution, theory of groups and commons. Theory of groups which has been written by Olson (1965) will be used to explain individual action within the group that is influenced by and to impact toward the group.
This study describes how institution works as Haller (2002: 10) wrote that the way institution evolves and change as well as impact it brings to the individual and group's economic strategy of its actors, which has been debatable issue discussed by different theories in history of economy, political science and anthropology. Institutions seen here as both formal and informal rules of the game, such as obstacles, norms, values and regulations. Those contribute to incentives that has been chased by groups and indivuals, as well as construct the structure of action and interaction of people, especially in economic activities, collective action and the use of sustainable resources.

 Metadata

No. Panggil : T24297
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xviii, 131 pages ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T24297 15-19-405765306 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125015