:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perbedaan performa menemukan jalan pada dewasa muda antara pengguna peta dan instruksi verbal = Wayfinding performance differences of young adults between map-and verbal-instruction users

Diah Trisnawardhani; Julia Suleeman, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk melihat penggunaan peta dibandingkan dengan penggunaan instruksi verbal terhadap performa menemukan jalan (wayfinding) pada kelompok orang dewasa muda. 31 partisipan yang berusia antara 23 tahun hingga 34 tahun dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok pengguna peta dan kelompok pengguna instruksi verbal. Kemudian setiap partisipan diminta untuk menemukan jalan dalam mencapai beberapa titik target. Sejumlah perilaku, jarak tempuh dan waktu dicatat untuk mengukur perfoma wayfinding. Hasilnya mengindikasikan ada perbedaan yang signifikan dalam hal jarak, frekuensi berhenti, salah belok dan kembali ke titik sebelumnya, namun tidak ditemukan perbedaan dalam hal waktu tempuh, durasi berhenti dan frekuensi bertanya antara kelompok yang menggunakan peta dengan kelompok yang menggunakan instruksi verbal. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan penelitian sehubungan dengan perilaku wayfinding di Indonesia.

This experimental study aims to find out the use of map on wayfinding performance compared to the use of verbal instructions in young adults. Thirty one participants ages 23 - 34 were divided into two different groups, map users and verbal instruction users. Numbers of behaviors, distance and time needed were regarded as indicators of wayfinding behaviors. The results in dicated that there are significant differences in distance, stop, wrong direction and returning to previous point, but no difference are found in time needed, stop duration and ask a question frequency between these two groups. The results can be used for the development of related research topics on wayfinding performance in Indonesia.

 Metadata

No. Panggil : 155.5 DIA p
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 90 lembar: il. 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FPsi UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
155.5 DIA p 14-21-723880494 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125223