:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perbedaan sikap terhadap peraturan antara mahasiswa yang memiliki prestasi rendah dan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tinggi di Perguruan Tinggi di kedinasan (PTK) = The differences in attitudes toward regulation between the students that have low academic achievement and students that have high academic achievement in the Governmence Institute

Khairun Nisa; Derry Busriati, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi akademik. Masalah umum yang sering dihadapi oleh mahasiswa sebagai peserta didik adalah masih cukup banyak yang belum dapat mencapai prestasi akademik yang memuaskan. Prestasi akademik menjadi perhatian penting bagi mahasiswa perguruan tinggi kedinasan. Perguruan tinggi kedinasan adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi yang dikelola oleh departemen atau lembaga non-departemen di lingkungan pemerintah (http://id.wikipedia.org). Dalam hampir semua perguruan tinggi kedinasan memberlakukan sistem drop out bagi mahasiswa yang nilai mata kuliahnya tidak memenuhi batas nilai minimal yang telah ditetapkan. Dalam proses pendidikan khususnya di perguruan tinggi kedinasan memiliki seperangkat peraturan yang menjadi faktor yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Peraturan bagi mahasiswa dapat mendukung atau menghambat proses akademik. Mahasiswa yang patuh terhadap peraturan memiliki kedisiplinan yang tinggi, tingginya tingkat kedisiplinan dengan asumsi dapat menumbuhkan disiplin pribadi, yang lebih lanjut mempengaruhi usaha mahasiswa untuk memperoleh prestasi akademik yang maksimal. Patuh atau tidaknya mahasiswa terhadap peraturan dapat dilihat bagaimana mereka bersikap terhadap peraturan itu sendiri. Evaluasi pelaksanaan peraturan bagi mahasiswa, dinilai da pat menghambat atau dapat mendukung prestasi akademik. Dalam kaitannya dengan penjelasan diatas, maka adapun maksud dari penelitian ini mencoba untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan sikap terhadap Peraturan Kehidupan Mahasiswa (Perdupma) antara mahasiswa dengan prestasi akademik rendah dan prestasi akademik tinggi. Seluruh subjek penelitian (N=75) adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara yang sedang menjalankan studi di tingkat I dan tingkat II dengan rincian sebanyak 38 orang mahasiswa tingkat I dan 37 orang mahasiswa tingkat II. Pengukuran sikap dilakukan dengan bantuan skala sikap teknik Likert yang disusun sesuai dengan kebutuhan penelitian. Sedangkan data pengukuran prestasi akademik digunakan indeks prestasi pada semester terakhir. Penelitian ini menggunakan analisis statistik Independent Sample t-Test. Hasil uji t menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan sikap terhadap peraturan antara kelompok mahasiswa dengan prestasi akademik rendah dan kelompok mahasiswa dengan prestasi akademik tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perbedaan sikap terhadap peraturan pada pengelompokkan subyek berdasarkan tingkatan menunjukkan hasil yang signifikan yaitu diatas nilai signifikansi 0,05 pada level of significance (l.o.s.) 0,05. Sedangkan pengelompokkan subyek berdasarkan jenis kelamin dan jurusan tidak menunjukkan hasil yang signifikan yaitu dibawah nilai signifikansi 0,05 pada level of significance (l.o.s.) 0,05.

Improve the quality of education is one of the concrete elements that are very important in improving the quality of human resources. In line with that, it is important to note is the problem of academic achievement. Common problems frequently faced by the students as students are still quite a lot that have not been able to achieve a satisfactory academic achievement. Academic achievement come to the attention of academic achievement necessary for students of the governmence institute. The governmence institute is a higher education provider that is managed by the department or non-government departments in the environment http://id.wikipedia.org). In almost all the governmence institute system for students drop out of the value of course does not meet the minimum limit value has been set. In the process of education, especially in the governmence institute has a set of rules to be factors that can indirectly affect student academic achievement. Regulations for students can support or hinder academic process. Students are abiding to the rules have a high discipline, high level of discipline with an assumption that can cause personal discipline, which further influence business students' academic achievement to obtain the maximum. Abiding or not students of the rules can be seen how they behave to the rules itself. Evaluate the implementation of regulations for students, can be considered to support or hinder academic achievement. In connection with the explanation above, while the purpose of this research is trying to have or not to know the difference between attitudes towards Regulations Student Life (Perdupma) between students with low academic achievement and high academic achievement. The whole subject of the research (N = 75) are students of The National Crypto Institute are running a study at the level I and level II, with details of 38 level I students and 37 level II students. Attitude measurement is done with the help of Likert-scale attitude techniques that are developed in accordance with the needs of research. While the data measurements of academic achievement in the performance index used last semester. This study uses statistical analysis of the Independent Sample t-Test. T test results showed that there was no difference in attitudes between the groups of students with low academic achievement and student groups with high academic achievement. Results showed that differences in attitudes towards regulation classification of the subject based on the level of the results shows a significant value that is above the 0.05 significance index at level of significance (los) 0.05. While classification of the subject based on gender and faculty do not show a significant result that is below the 0.05 significance index at level of significance (los) 0.05.

 Metadata

No. Panggil : 152.4 KHA p
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 94 lembar: il.; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Fpsi UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
152.4 KHA p 14-21-554157696 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125235