:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengukuran kinerja teknologi informasi dengan menggunakan COBIT 4.0: studi kasus pada Perum Pegadaian

M. Iqbal Saryuddin A.; Arrianto Mukti Wibowo, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Tata kelola Teknologi Informasi (TI) merupakan sesuatu yang menempati posisi penting dalam penegakan Good Corporate Governance. Tata kelola TI yang efektif dapat membantu perusahaan dalam memastikan bahwa TI mendukung tujuan bisnis, mengoptimalkan investasi dalam TI, dan dengan tepat mengatur resiko dan peluang yang terkait dengan TI. Untuk memastikan bahwa tata kelola TI dapat berjalan dengan efektif dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, maka perlu dimonitor dan diukur kinerjanya dari waktu ke waktu.
Oleh karena itu, penggunaan COBIT 4.0 sebagai kerangka dalam mengukur kinerja TI sangatlah tepat karena beberapa keuntungan berikut ini: lebih baik dalam penyelarasan berdasarkan fokus bisnis, ebuah pandangan yang mudah dipahami oleh manajemen tentang untuk apa TI, kepemilikan dan tanggung jawab yang jelas berdasrkan orientasi proses, diterima secara umum oleh pihak ketiga dan pembuat peraturan, kesepahaman dengan semua pihak yang berkepentingan, dalam bahasa yang sama, serta menyediakan ukuran-ukuran kinerja yang diselaraskan dengan proses TI.
Dengan studi kasus pada Perum Pegadaian, sebuah perusahaan milik negara Republik Indonesia, penulis ingin menunjukkan bagaimana menggunakan COBIT 4.0 untuk mengukur kinerja TI dengan cara mengidentifikasi tujuan bisnis, tujuan TI, proses TI serta tujuannya, dan aktifitas TI serta tujuannya sebagai sebuah rangkain yang utuh. Kemudian yang juga penting adalah bagaimana menetapkan indikator untuk mengukur tingkat capaiannya yang berupa Key Performance Indicators, Process Key Goal Indicators, dan IT Key Goal Indicators, serta bagaimana menetapkan target capaian dan acuan penilaiannya.

Information Technology (IT) Governance has an important role to build good corporate governance. Effective IT governance helps to ensure that IT supports business goals, optimises business investment in IT, and appropriately manages IT-related risks and opportunities. To ensure that IT governance is established effectively and meets its desired goals, its performance must be monitored and measured continuously.
Therefore, using COBIT 4.0 as a framework to measure IT performance is a appropriate choice because of following advantages: Better alignment based on a business focus, a view which is understandable to management of what IT does, clear ownership and responsibilities based on process orientation, general acceptability with third parties and regulators, shared understanding amongst all stakeholders based on a common language, and provides indicators aligned witk IT processes.
Based on case at Perum Pegadaian, a state-owned company, I will show how to use COBIT 4.0 to measure IT performance by identifying business goals, IT goals, IT processes and their goals, and IT activities and their goals in an integrated chain. Then, the important things are how to determine indicators to measure achievement level covering Key Performance Indicators, Process Key Goal Indicators, and IT Key Goal Indicators, and how to get the targets and scoring guideline.

 File Digital: 8

Shelf
 PA-94-Pengukuran kinerja-Metodologi.pdf :: Unduh
 PA-94-Pengukuran kinerja-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 PA-94-Pengukuran kinerja-Lampiran.pdf :: Unduh
 PA-94-Pengukuran kinerja-HA.pdf :: Unduh
 PA-94-Pengukuran kinerja-Abstrak.pdf :: Unduh
 PA-94-Pengukuran kinerja-Bibliografi.pdf :: Unduh
 PA-94-Pengukuran kinerja-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 PA-94-Pengukuran kinerja-Literatur.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 80 lembar : il. ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FASILKOM UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-872144624 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125518