:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Masjid kubah emas di Depok: Fenomena reproduksi masjid kawasan Timur Tengah dalam konteks Indonesia = Golden dome Mosque in Depok a phenomenon of Middle East Mosque reproduction in Indonesian context

Mirza Shahrani; Kemas Ridwan Kurniawan, supervisor ([Publisher not identified] , 2008)

 Abstrak

Masjid Kubah Emas di Depok adalah sebuah fenomena yang baru-baru ini menghebohkan dunia baik nusantara maupun mancanegara. Bukan hanya karena skalanya yang besar dan banyaknya penggunaan material emas pada masjid tersebut, namun juga karena letak dari masjid yang jauh dari pusat kota. Reka bentuk masjid yang merujuk pada masjid di kawasan Timur Tengah seakan-akan ingin menunjukkan bahwa reka bentuk masjid yang tepat hanyalah reka bentuk masjid di kawasan tersebut. Demikian pula dengan material emas yang melekat pada kubah masjid, seolah-olah ingin menunjukkan bahwa kubah adalah lambang dari sebuah masjid yang harus didesain semenarik dan seindah mungkin.
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa ide-ide arsitektural dari Masjid Kubah Emas, khususnya dilihat dari aspek ?reproduksi bentuk? yang disenarai merupakan simulasi dari masjid-masjid bercorak Timur Tengah, sedangkan pembahasan skripsi dilakukan dengan menyentuh tentang makna kesakralan masjid dan gekala hiper-realitas.
Peran dari pemberi tugas dan pemberi tugas atau pemilik sangat besar dalam pembangunan masjid ini. Oleh karena itu skripsi ini juga mengupas profil masjid berkaitan dengan profil pemiliknya yaitu Ibu Dian Djuriah. Pada akhirnya kondisi-kondisi itulah yang menjadi pemicu terjadinya pergeseran makna masjid pada Masjid Kubah Emas.

Golden Dome Mosque in Depok is a phenomenon that get people?s attention these day. The beautiful design and a lot of gold that used in this mosque makes it a new icon of mosque in Indonesia. The Golden Dome Mosque design that copying mosque design in Middle East country as if to show that the exact mosque design are only the design from that region. Either do with the gold material that stick to the dome, as if to show that dome is the symbol of a mosque, so it have to be designed as beautiful as possible.
This thesis have purpose to analize the architectural ideas from Golden Dome Mosque, especially from ?form reproduction? aspect that show the simulation of mosque in Middle East country. Besides that, this thesis also discuss about sacred in mosque dan hyper-reality symptom.
The role of the owner is very big for the development of this mosque and because of that this thesis also discuss about the profile of the owner, that is Miss Dian Djuriah. In the end, it is this condition that cause the mosque meaning shift in Golden Dome Mosque.

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : R.05.08.54 Sha m
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 42 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
R.05.08.54 Sha m 14-17-262998689 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125663