:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis penggunaan venturi mixer 20 lubang menyilang terhadap perubahan performa dan emisi pada sepeda motor 4 langkah/125 CC dengan penambahan LPG = Analysis of using 20 crossing-holes venturi mixer to increase the performance and emission of 4 stroke/125 cc motorbike with LPG addition

Achmad Maftuhin; Bambang Sugiarto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Untuk mendapatkan karakteristik sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan dapat dilakukan dengan cara modifikasi. Merujuk pada skripsi sebelumnya, salah satu modifikasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penambahan LPG (Liquified Petroleum Gas) pada sistem pemasukan bahan bakar sepeda motor 4-langkah. Penambahan LPG pada sistem bahan bakar mampu meningkatkan performa mesin. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengoptimalkan hal tersebut dengan menggunakan metode pencampuran yang lebih baik menggunakan venturi mixer dengan variasi 12, 16 dan 20 lubang menyilang. Pada venturi mixer 20 lubang menyilang daya mesin yang dihasilkan mampu ditingkatkan sebesar 6.66 % pada bukaan katup 270o dibandingkan dengan tanpa penambahan LPG.

One of alternative ways to obtain motorcycle characteristic that is appropriate with our necessity is modification. By referencing to the prior thesis, one of modification that can be done is by adding LPG (Liquified Petroleum Gas) to 4-stroke motorcycle fuel intake system. LPG addition to combustion system can increase engine performance. Therefore, another research is done to optimize LPG addition using better mixing mechanism using venturi mixer with 12, 16, and 20 crossed-holes variation. By using venturi mixer with 20 crossed-holes the power of motorcycle can be increased by 6,66 % when the valve open at 270° compared to without LPG addition.

 Metadata

No. Panggil : S50720
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 90 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S50720 14-17-664852488 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 125791