:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis strategi pendanaan sale and leaseback pada PT Kimia Farma, Tbk

Dewi Masythoh K.; Zalmi Zubir, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Salah satu cara untuk memaksimalkan shareholders value yaitu dengan membentuk komposisi pembiayaan yang tepat. Salah satu sumberp embiayaan yang dapat digunakan oleh perusahaan yaitu leasing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pendanaan sale and leaseback pada kinerja perusahaan pada semua aset kendaraan dan komposisi aset sale and leaseback lainnya dari PT. Kimia Farma, Tbk (KF) dengan sistem operating lease. Sale and leaseback yaitu sistem pembiayaan dimana perusahaan menjual aset yang dimiliki untuk memperoleh kas kemudian me-leasing kembali aset tersebut.
Evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan tools Simulasi Bisnis dengan menggunakan Microsoft Excel, yang merupakan formulasi hubungan setiap variabel dengan variabel lainnya yang akan mempengaruhi proforma keuangan perusahaan. Simulasi Bisnis dapat memberi gambaran akurat dan cepat mengenai kondisi finansial perusahaan sebelum dan sesudah sale and leaseback dilakukan. Dari penelitian ini diketahui bahwa sale and leaseback dapat membuat kinerja keuangan perusahaan lebih baik, namun efek tersebut hanya bertahan dalam jangka pendek. Untuk mempertahankan efek tersebut, perusahaan harus melakukan investasi ulang terhadap kas yang diperoleh dari penjualan aset tetap dengan asumsi strategis yang dibahas pada skripsi ini.

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S6053
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 90 p., 17 lembar ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S6053 14-19-951878239 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126146