:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemetaan tata kelola TI: tata kelola TI perusahaan asuransi nasional studi kasus: XYZ

Mochamad Bambang Rinaldi; Arrianto Mukti Wibowo, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Kebutuhan sistem informasi dan teknologi informasi semakin tinggi. Kebutuhan TI telah menumbuhkan kebutuhan akan investasi TI, pengelolaan TI, kebijakan TI dan lainnya dalam suatu organisasi. Tidak sedikit organisasi yang kurang berhasil dalam mengelola TI mereka. Tetapi yang telah berhasil, memberikan suatu best partice dan tools yang dapat dijadikan acuan. Saat ini, belum ada gambaran yang jelas tentang kondisi tata kelola TI pada organisasi di Indonesia. Tata kelola TI bisa saja lebih baik pada organisasi yang besar. Juga akan lebih baik pada organisasi yang memiliki tingkat kebutuhan TI tinggi, seperti bank. Tetapi bagaimana tata kelola TI pada perusahaan Asuransi Nasional di Indonesia? Peneliti mencoba melakukan pemetaan terhadap tata kelola TI pada perusahaan asuransi nasional.
Dalam melakukan pemetaan, peneliti melakukan review literature terhadap teori tata kelola TI. Kemudian peneliti melakukan pengamatan terhadap tempat studi kasus. Setelah peneliti memetakan tata kelola TI yang ada pada perusahaan asuransi XYZ, peneliti menemukan bahwa tata kelola TI yang ada baru akan mulai menggunakan best practice yang ada, COBIT. Dan yang mendorong hal ini adalah kebutuhan bisnis dan kepedulian jajaran tinggi perusahaan. Penelitian dan pengamatan terhadap perusahaan di Indonesia masih harus banyak dilakukan agar pemahaman tata kelola TI di Indonesia dapat semakin meningkat.

The need of information system and information technology is increase. It impacts on the need of IT investment, IT management, and IT policy in an organization. Few of this organization failed in maintaining their IT. However, the succeed ones, have given best practices and tools that can be made as a reference. These days, there is no valid description of the Indonesian Organization?s IT governance. This governance could be better in large organizations. Yet, in an organization that is in need of higher IT, e.g. bank. How is IT governance be done in a National Insurance in Indonesia?
Writer tries to make a mapping of an IT governance in a national insurance company. In the process of mapping, writer did a literature review on the IT governance theory, then, observed the case site. After the writer mapped the IT governance in the XYZ company, writer found out that the company has just started to use the best practice, COBIT. This is enforced by the need of business and the concern of the company's executives. Research and observation on IT governance in companies in Indonesia have to be done more often so that the understanding of IT governance in Indonesia increases.

 File Digital: 9

Shelf
 T-620-Pemetaan tata-Abstrak.pdf :: Unduh
 T-620-Pemetaan tata-Metodologi.pdf :: Unduh
 T-620-Pemetaan tata-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T-620-Pemetaan tata-Lampiran.pdf :: Unduh
 T-620-Pemetaan tata-Analisis.pdf :: Unduh
 T-620-Pemetaan tata-HA.pdf :: Unduh
 T-620-Pemetaan tata-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T-620-Pemetaan tata-Literatur.pdf :: Unduh
 T-620-Pemetaan tata-Kesimpulan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 67 lembar : il. 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FASILKOM UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-856138190 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126213