:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Hubungan antara resolusi konflik dan kepuasan pernikahan pada pasangan suami istri bekerja pada masa awal pernikahan = Correlation between conflict resolution and marital satisfaction in working spouses in first phase of marriage

Shintya Desmayanti; Adriana Soekandar Ginanjar, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resolusi konflik, kepuasan pernikahan, dan hubungan gaya resolusi konflik dengan kepuasan pernikahan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur gaya resolusi konflik adalah Rahim Organizational Conflict Inventory-II (ROCI-II) yang terdiri dari gaya penghindaran, gaya dominasi, gaya akomodasi, gaya integrasi, dan gaya kompromi. Kepuasan pernikahan diukur dengan Comprehensive Marital Satisfaction Scale (CMSS).
Hasil penelitian dari 50 orang subjek menunjukkan bahwa mayoritas menggunakan gaya resolusi resolusi konflik yang konstruktif. Tingkat kepuasan pernikahan pada subjek pada level ratarata. Pada hubungan gaya resolusi konflik dan kepuasan pernikahan ditemukan hubungan yang signifikan pada gaya dominasi, akomodasi, dan gaya integrasi dengan kepuasan pernikahan. Sedangkan pada gaya resolusi konflik penghindaran dan gaya kompromi tidak ditemukan hubungan yang signifikan dengan kepuasan pernikahan.

The purpose of this research is to find out the conflict resolution, marital satisfaction, correlation between conflict resolution and marital satisfaction in working spouses in First Phase of Marriage. This research is using quantitative methods. Conflict resolution style are measured by Rahim Organizational Conflict Inventory-II (ROCI-II), that contains of avoiding style, dominating style, accommodating style, integrating style, and compromise style. Marital satisfaction are measured by Comprehensive Marital Satisfaction Scale (CMSS).
The result from 50 subjects shows that majority using constructive conflict resolution style. Subjects marital satisfaction be in average level. Correlation between conflict resolution style and marital satisfaction show significant correlation between dominating, accommodating, and integrating style and marital satisfaction. Meanwhile, there is no significant correlation between avoiding and compromise style and marital satisfaction.

 Metadata

No. Panggil : 303.6 SHI h
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x1, 81 lembar: il. 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FPsi UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
303.6 SHI h 14-20-091766101 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126567