:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Hubungan adversity quotient dengan intensi berwirausaha pada karyawan : studi pada karyawan perusahaan X = Correlation between adversity quotient and enterpreneurial intention among employees at company X

Nadia Setyaningrum; Wustari Larasati Gunadi, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Adversity Quotient dengan Intensi Berwirausaha pada karyawan dalam perusahaan X. Adversity Quotient merupakan pola respon seseorang dalam menghadapi kesulitan. Hal ini mengacu pada seberapa jauh seseorang mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan dan kemampuan untuk mengatasinya (Stoltz, 2000). Sedangkan intensi berwirausaha menunjukkan pada seberapa besar kemauan seseorang untuk menunjukkan tingkah laku bewirausaha (Linan & Chen, 2006).
Tidak hanya itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh gambaran adversity quotient seperti yang diungkapkan oleh Stoltz (2000), dan intensi berwirausaha seperti yang diungkapkan oleh Linan & Chen (2006), pada karyawan perusahaan X. Penelitian ini termasuk di dalam penelitian kuantitatif ex post field study yang bersifat korelasional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 107 orang dan merupakan karyawan yang berasal dari suatu perusahaan di Jakarta (dalam penelitian ini disebut dengan perusahaan X).
Analisis dari hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan, yang pertama adalah terdapat hubungan positif (r 0,462) yang signifikan pada los 0,05 antara Adversity Quotient dan intensi berwirausaha pada responden dalam penelitian ini. Artinya semakin tinggi Adversity Quotient seseorang maka semakin tinggi pula intensi berwirausaha yang dimilikinya. Hasil yang kedua adalah sebagian besar responden dalam penelitian ini memiliki tingkat kemampuan dalam menghadapi situasi sulit yang sedang dan intensi untuk berwirausaha yang tinggi.

The purpose of this research is to identify the relation between adversity quotient and entrepreneurial intention among employees in company X. Adversity Quotient reflects how far someone can hold in diversity situations and ability to overcome it (Stoltz, 2000). Entrepreneurial Intention reflects how much his/her desirability to do entrepreneurial behavior (Linan & Chen, 2006).
Furthermore, this research is also try to find the description profile about adversity quotient, and entrepreneurial intention among employees in company X. This research is a quantitative research with non experimental design method, characteristic by ex post facto fields study. 107 respondent being participate on this research in which they are come from company X.
The research results showed that: 1) The employee in company X have medium level adversity quotient; 2) The employee in company X have high level entrepreneurial intention; 3) There is a significant positive correlation between adversity quotient and entrepreneurial intention among employee in company X.

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 64 hlm. : ill.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-21-339370932 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126573