:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemetaan IT governance Badan Usaha Milik Negara sektor Asuransi dengan beberapa teori studi kasus: PT. Asuransi BC (PERSERO)

Rita Sopia; Budi Yuwono, supervisor; Arrianto Mukti Wibowo, supervisor (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

IT Governance (Tata Kelola IT) adalah kapasitas organisasi untuk mengendalikan formulasi dan implementasi dari strategi TI serta menjadi arah tujuan dari organisasi untuk meningkatkan daya saing organisasi, juga merupakan faktor penting di dalam mengangkat business value dari TI. IT Governance merupakan satu hal penting yang menjadi bagian dari tanggungjawab bagi pimpinan level atas dalam upaya mengintegrasikan antara kebutuhan bisnis dan TI-nya. Penerapan IT Governance ini akan berbeda seiring dengan proses bisnis yang berjalan di organisasinya, juga disesuaikan dengan kebijakan-kebijakan negara tempat organisasi tersebut beroperasi.
KepMenBUMN (KEP-117/M-MBU/2002) merupakan acuan penting bagi perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia mengenai wajibnya penerapan Good Corporate Governance (GCG), secara konsisten dan atau menjadikan GCG sebagai landasan operasionalnya. Diyakini, optimalisasi Corporate Governance ini sangat membutuhkan peranan Teknologi Informasi dalam menjalaninya. Penelitian deskriptif ini ingin memotret IT Governance yang sudah ada di PT. ABC sebuah perusahaan studi kasus Asuransi Sosial BUMN dengan beberapa model IT Governance, dengan tujuan ingin mendeskripsikan bagaimana penerapan IT Governance di PT.ABC berdasarkan teori-teori yang ada.. Penulis meyakini bahwa, penelitian ini akan meghasilkan sebuah pemodelan IT Governance yang ada di PT.ABC dan terdapat nya suatu yang unik di perusahaan ini, yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pengimplementasian IT Governance di perusahaan studi kasus.

IT Governance is organizational capacities to control the formulation and implementation from strategy of IT and also become direction for the organization to increase the organizational competitiveness, also represent an important factor in excisting business value from IT. IT Governance is one of an important matter, which suitable to be a part of executive`s level responsibility, the effort to integrating all requirements of the business and the use of IT. Implementing IT Governance will be different along with process of business in each organisation, and its also adapted by a state`s policy where the organizational stayed.
KepMen BUMN (KEP-117/M-MBU/2002) is an important principle of State own-Companies in Indonesia, about the implementetion Good Corporate Governance (GCG) in organisation activities, consistently and formulate GCG as a basis for its operational. In the movement to optimizing Corporate Governance needs Information Technology`s role to realize the strategies. This Descriptive research will capture the PT. ABC`s IT Governance, which is as a case study company of Social Insurance, one of State own-Company, with a few model of IT Governance, in objective to descripe of, how IT Governance have been applied in PT.ABC, based on existing theories. Writer believe that, trough this research will formulate a model of IT Governance, which subsist in PT.ABC and there is a unique research finding from this company, which can be made by a consideration for implementation of IT Governance in case study company.

 File Digital: 9

Shelf
 T-613-Pemetaan IT-Literatur.pdf :: Unduh
 T-613-Pemetaan IT-HA.pdf :: Unduh
 T-613-Pemetaan IT-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T-613-Pemetaan IT-Abstrak.pdf :: Unduh
 T-613-Pemetaan IT-Metodologi.pdf :: Unduh
 T-613-Pemetaan IT-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T-613-Pemetaan IT-Analisis.pdf :: Unduh
 T-613-Pemetaan IT-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T-613-Pemetaan IT-Lampiran.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 76 lembar : il. ; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FASILKOM UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-21-866128478 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126718