:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Gambaran resiliensi pada muslimah dewasa muda yang menggunakan cadar = The Reciliency among young adulthood veil moslem women

Mira Rizki Wijayani; Surastuti Hadiwinoto Nurdadi, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penggunaan cadar menimbulkan adanya konflik yang bersifat internal (within people) maupun eksternal (between people) pada diri seorang muslimah. Konflik yang ada, kerap mengharuskan seorang muslimah untuk berhadapan dengan kondisi yang sulit dan menekan dalam hidupnya. Di tengah kondisi tersebut, terdapat sebagian dari mereka yang mampu untuk bangkit dan bertahan dari masalah yang ada serta berhasil menjadi individu yang lebih baik. Mereka adalah individu yang dapat mengembangkan kemampuan resiliensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kemampuan resiliensi pada muslimah dewasa muda yang menggunakan cadar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap empat orang muslimah dewasa muda yang menggunakan cadar dengan karakteristik yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan resiliensi yang dimiliki oleh keempat subjek sangat bervariasi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa berkembangnya kemampuan resiliensi yang dimiliki oleh perempuan bercadar dipengaruhi oleh faktor protektif yang dimiliki oleh subjek. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menggunakan dua pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hal ini dimaksudkan agar hasil penelitian yang didapatkan dapat saling mendukung, sehingga menghasilkan data yang lebih akurat mengenai gambaran resiliensi subjek.

Veil uses cause life conflict in some moslem women. The conflict is happen rather inside the person (within people) or between the person with her environment (between people). The confilct forces the moslem women to face difficult and stressfull situation. However, some of them can bounce back and hold out from the setbacks in their live. They are the people who can increase their resiliency abilities. The purpose of this research is to give the description about resiliency abilities among young adulthood veil moslem women. It use qualitative approach with interview and observation techniques which is utilized to the four people of young adulthood veil moslem women.
The results shows variation resiliency abilities between four veil moslem women. The resiliency abilities is also influenced by their protective factors which they have. For the next study, qualitative and quantitative approach are suggested. Each of them could be important to another to get more complete and accurate informations about resiliency of the people.

 Metadata

No. Panggil : 305.242 WIJ g
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi; 193 lembar; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan FPSI UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
305.242 WIJ g 14-23-95412348 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126747