:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Karakterisasi thermal precipitator sebagai smoke collector berbasis thermophoretic force = Thermal precipitator characterization as a smoke collector based on thermophoretic force

Ziz Rachmat Destiyanto; Imansyah Ibnu Hakim, supervisor ([Publisher not identified] , 2008)

 Abstrak

Salah satu penyebab pencemaran udara adalah adanya polutan yang berupa aerosol smoke. Aerosol smoke itu sendiri ada bermacam-macam, tetapi yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah tobacco smoke berukuran 0,01 ∝m ~ 1 ∝m dengan thermal precipitator sebagai alat pembersihnya yang paling efektif.
Dalam melakukan penelitian ini, dibuatlah suatu alat uji coba thermal precipitator yang terdiri dari box penampung, test section, exhaust fan, dan rangka. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan mempelajari dan menganalisa arah pergerakan smoke partikel yang kecenderungannya selalu menuju ke pelat yang lebih dingin, baik ketika posisi heater di atas maupun di bawah. Fenomena ini dinamakan thermophoresis, yaitu pergerakan partikel dalam suatu fluida yang diakibatkan adanya gradien temperatur dalam sistem tersebut.
Dari hasil eksperimen dan analisa dapat diambil kesimpulan bahwa alat uji thermal precipitator dapat digunakan sebagai smoke collector dengan memanfaatkan gaya thermophoresis. Hal ini dibuktikan dengan terlihatnya pergerakan partikel ke arah pelat yang lebih dingin. Arah pergerakan juga dapat diambil visualisasinya dengan menggunakan kamera digital.

One of the caused of Air pollution is pollutant on aerosol smoke. Aerosol smoke itself, has many kinds of type, but in this final project, we will discuss about tobacco smoke sized 0,01 ∝ m ~ 1 ∝m. And thermal precipitator as the most effective gas cleaner.
In our analyzing, made an equipment called thermal precipitator which is consists of smoke box, test section, exhaust fan and frame. Analyzing that has been done is to know smoke particle direction movement that has tendency to move to lower temperature plate, even heater on top or under the plate. This phenomena is called thermophoretic, particle movement in the fluid system that caused by temperature gradient in that system itself.
The experimental and analysation result can conclude that thermal precipitation can used for smoke collector, that utilized thermophoretic force. Proven by particle movement can be seen goes to the lower temperature plate. And also movement direction can be captured by digital camera.

 Metadata

No. Panggil : S37364
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 51 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37364 14-17-247663372 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126783