:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perancangan containerized block ICE plant = Design of containerized block ice plant

Aryo Bintoro; Muhammad Idrus Alhamid, supervisor; Nasruddin, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penanganan ikan dengan menggunakan es merupakan salah satu cara yang umumnya digunakan dalam penanganan ikan pacsa penangkapan. Metode ini merupakan metode yang lebih higienis dibandingkan dengan menggunakan zatzat kimia, sehingga produksi es balok menjadi factor penting dalam menjaga kesegaran hasil tangkapan para nelayan. Namun sangat disayangkan, produksi es balok di Indonesia tidak mampu mencukupi kebutuhan para nelayannya. Hal ini selain dikarenakan kurangnya kapasitas produksi pabrik es blok yang ada, juga karena jauhnya lokasi para nelayan dengan pabrik es tersebut. Berdasarkan fenomena tersebut, salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan mendatangkan sebuah pabrik es ke tempat para nelayan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah pabrik es yang portable serta memiliki kapasitas produksi yang cukup untuk keperluan penangkapan ikan oleh para nelayan. Pabrik es ini diaplikasikan pada sebuah container dengan menambahkan system refrigerasi didalamnya sehingga mampu memproduksi es balok untuk kebutuhan para nelayan.

Ice utilizing fish handling is a common way to handle fish after capturing. This method is the more hygienic than chemical substance utilizing, so it is very important to keep the quality of the capture. However, it is regrettably that Indonesians ice production cannot fulfill its fisherman requirement. This happen not only because lack of the ice production but also there are more distance between the ice plant and fisherman's location. Base on those phenomena, one of the solutions that can be used is by bringing the ice plant to the fishermen's location.
The purpose of this research is produceing a portable ice plant that have a enough production capacity for the fisherman. This ice plant applied to a container by giving refrigeration system on it; hope that it can fulfill the fisherman needs.

 Metadata

No. Panggil : S37321
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x,90 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S37321 14-17-888611266 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126821