:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Faktor-faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio berdasarkan stakeholder theory : analisis empiris terhadap perusahaan-perusahaan LQ-45 periode 2004-2007

Nyimas Sulistia Sriwulandari; Sisdjiatmo Kusumosuwidho Widhaningrat, supervisor (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang empengaruhi dividend payout ratio pada perusahaan-perusahaan yang termasuk ke dalam indeks LQ-45 dengan mempertimbangkan pengaruh non-investor stakeholders terhadap kebijakan dividen perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode data panel. Faktor-faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio pada penelitian ini didasarkan pada stakeholder theory. Faktor-faktor tersebut yaitu, focus of the firm, tingkat penjualan, jumlah pemegang saham biasa, jumlah arus kas bebas perusahaan, serta pertumbuhan penjualan. Focus of the firm, jumlah pemegang saham biasa, dan arus kas bebas signifikan mempengaruhi dividend payout ratio dengan arah hubungan yang positif.. Sedangkan tingkat penjualan dan pertumbuhan penjualan tidak signifikan mempengaruhi dividend payout ratio dengan arah hubungan yang negatif. Penelitian ini membuktikan bahwa non-investor stakeholders memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen perusahaan. Penelitian ini juga menguji relevansi model penelitian dalam periode krisis keuangan tahun 2008. Hasi penelitiannya menunjukkan bahwa non-investor stakeholder tidak lagi mempengaruhi kebijakan dividen perusahaan.

The purpose of this research is to investigate the determinants of dividend payout ratio of companies included in LQ-45 with the consideration of non-investor stakeholders' influences on companies' dividend policies. This research uses panel data method. The dividend payout ratio determinants used in this research are based on stakeholder theory. The determinants are focus of the firm, sales, number of common shareholders, free cash flow, and sales growth. Focus of the firm, number of common shareholders, and free cash flow significantly influence dividend payout ratio in terms of positive relationships. While sales and sales growth insignificantly influence dividend payout ratio and have negative relationships with dividend payout ratio. This research found that there is a significant influence of non-investor stakeholders on companies' dividend policies. This research also investigates the relevancy of the model in financial crisis period in 2008. The result shows that in financial crisis period, non-investor stakeholders no longer have influence on companies' dividend policies.

 Metadata

No. Panggil : 6569
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 89 lembar : il. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
6569 14-21-042954630 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126951