:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis pengaruh perencanaan strategis terhadap kinerja finansial dan non-finansial dengan variabel intervening fleksibilitas pada hubungan perencanaan strategis dan kinerja

Arlyne Indrayani; Avanti Fontana, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Teori menunjukan bahwa perusahaan yang sukses akan mengantisipasi turbulensi lingkungan melalui perencanaan strategis (Miller & Cardinal, 1994). Melalui penelitian ini akan dibuktikan bahwa perusahaan akan menerapkan fleksibilitas dalam membuat pilihan keputusan perencanaan strategis mengenai bagaimana perusahaan akan beradaptasi ketika terjadi perubahan lingkungan. Melalui fleksibilitas perusahaan akan dapat mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan turbulensi lingkungan, memperluas pengaruh perencanaan strategis perusahaan terhadap kinerjanya. Penelitian ini akan menggunakan regresi karena bersifat untuk melihat hubungan antara variabel yang satu dengan variabel lainnya, Adapun persamaan regresi yang akan dipakai adalah single cross sectional design karena banyaknya sampel dari penelitian kali ini dimana sampel dari penelitian ini adalah 1 perusahaan yaitu PT. Pertamina Geothermal Energy. Hasil yang dicapai dari penelitan ini adalah bahwa perencanaan strategis mempengaruhi kinerja finansial dan non-finansial melalui fleksibilitas. Ada dua fleksibilitas yang mempengaruhi perencanaan strategis dan kinerja finansial serta ada dua fleksibilitas yang mempengaruhi perencanaan strategi dengan kinerja non-finansial. penulis menyadari kekurangan dari skripsi ini sehingga menyarankan untuk menambah lagi sampel baik dari industri sejenis maupun industri lain dalam penelitian selanjutnya dan juga menyarankan bagi perusahaan untuk melakukan perencanaan strategis yang baik namun tetap memungkinkan adanya fleksibilitas.

Theory predicts that succesful organizations will anticipate and adress environmental turbulance through strategic planning (Miller and Cardinal, 1994). It also predicts that they will demonstrate flexibility in strategically planning decision option about how they will adapt when the environtment changes. Through flexibility organization are better prepared to cope with environmental turbulance, enchancing their influance of their strategic planning on performance. This research use regression to investigating relationship between one to another variable. This single cross sectional design approach was adopted because this research limited to single sample, which is PT. Pertamina Geothermal Energy. The result, strategic planning affect financial and non-financial performance through flexibility. Two types of fexibility mediate the relationship between strategic planning and financial performance and two types of flexibility mediate the relationship between strategic planning ang non-financial erformance.

 Metadata

No. Panggil : S6592
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 128 lembar : il. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S6592 14-19-843241296 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 126961