:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pengusulan implementasi activity based costing : studik kasus PT Golden Tempo Clock Industry

Jasmine Theresia Susuli; Christine, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai pengusulan metode Activity Based Costing dalam perhitungan biaya perusahaan, khususnya biaya tidak langsung. Perusahaan yang digunakan sebagai sampel adalah PT Golden Tempo Clock Industry yang bergerak dalam industri perakitan jam dinding. Sebelumnya, perusahaan menggunakan simple costing dalam perhitungan biaya, dan menggunakan harga jual berbasis harga pasar sehingga perusahaan tidak pernah mengetahui secara akurat net profit yang dihasilkan dari setiap produk yang dihasilkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja aktivitasaktivitas dalam perusahaan yang terjadi untuk memproduksi jam dinding, bagaimana struktur biaya perusahaan, metode perhitungan biaya produk dan penentuan harga jual yang selama ini digunakan perusahaan, dan apakah metode ABC cocok diterapkan dalam perhitungan biaya tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metode wawancara langsung dengan pemilik perusahaan, observasi ke pabrik jam dinding, dan juga studi kepustakaan dan literatur terkait dengan Activity Based Costing. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa perhitungan biaya dengan Activity Based Costing, hasilnya cukup berbeda dengan perhitungan biaya dengan simple costing, dimana untuk produk yang high volume dan simple mengalami overcosting, sedangkan produk yang low volume dan complex mengalami undercosting. Sehingga, dapat disarankan, bahwa perusahaan akan lebih baik menggunakan sistem ABC dalam perhitungan biaya produk untuk mencegah terjadinya distorsi biaya yang lebih besar, namun tentunya setelah mempertimbangkan cost benefit dari implementasi ABC ini.

The focus of this thesis is to suggest the implementation of Activity Based Costing in calculating organization?s cost especially indirect cost. The sample company is PT Golden Tempo Clock Industry which moves in clock manufacturing industry. This company has used simple costing in calculating cost so far, and determines the selling price based on market price. Because of this method, the company never knows how much the actual and accurate net profit for each product.
The purpose of this study is to know what activities occurred in producing clock for type 925 and type M100, the cost structure of the company, product cost calculation method and selling price method which have been used by this company so far, and whether the implementation of ABC is the best method to be used in calculating indirect cost. This research uses primary data with interview and observation, also secondary data including literature related with ABC. The result indicates that cost calculation using ABC differs with cost calculation using simple costing, indicated by undercosting (for low volume product and relatively complex) and overcosting (for high volume product and relatively simple) of its product cost. So, it can be suggested that this company can use ABC costing in calculating cost to overcome with cost distortion problem after considering cost benefit analysis related with the implementation of ABC.

 Metadata

No. Panggil : S6546
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 90 lembar : il. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S6546 14-19-168602528 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 127009