Penelitian ini mengenai analisis tema pada empat esai karya Rasyid Rida dalam majalah al-Manar yang berjudul al-Tarbiyah wa al-Ta'lim, al-Madaris al-Wathaniyyah fi al-Diyar al-Mishriyyah, Ila Ayy Ta'lim wa Tarbiyah Nahnu Ahwaj, dan al-'Ilm wa al-Harb. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mencari ide-ide yang terkandung dalam empat esai karya Rasyid Rida dan tema yang dibangun dari ide-ide tersebut, serta unsur-unsur yang berperan dalam membangun tema tersebut. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Sedangkan penelitian yang dilakukan terhadap empat esai tersebut berdasarkan pendekatan struktural semiotik. Pendekatan struktural dilakukan untuk mengetahui ciri-ciri struktur yang terkandung dalam keempat esai tersebut. Pendekatan semiotik dilakukan untuk mengetahui makna dari gejala-gejala struktural yang terdapat dalam unsur-unsurnya. Unsur-unsur yang dianalisis dalam keempat esai ini adalah tema, citraan, sintaksis, diksi, dan nada. Hasil analisa mengungkapkan bahwa ide-ide yang membangun keempat esai Rasyid Rida mengangkat tema tentang pendidikan. Esai 'al-Tarbiyah wa al-Ta'lim' dan 'al-'Ilm wa al-Harb' lebih menekankan pada tema pendidikan moral, sedangkan esai 'al-Madaris al-Wathaniyyah fi al-Diyar al-Mishriyyah' dan 'Ila Ayy Ta'lim wa Tarbiyah Nahnu Ahwaj' lebih menekankan pada tema pendidikan nilai-nilai nasionalisme. Ide dan nada yang terdapat dalam keempat esai tersebut mengambil peran utama dalam membangun tema. Ide-ide dalam keempat esai tersebut dibangun melalui potret, citraan, diksi, dan bentuk kalimat sintaksis) yang terdapat pada esai-esai itu. Sedangkan nada dibangun melalui citraan, diksi, dan sintaksis pada keempat esai tersebut. Akhirnya, ide-ide dan unsur-unsur yang terdapat dalam empat esai Rasyid Rida, seperti citraan, sintaksis, diksi, dan nada ... |