:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sisem manajemen dokumen dan alur kerja (workstation) studi kasus

Rahmat Sobari; Aniati Murni Arymurthy, supervisor; Yudho Giri Sucahyo, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Aktivitas yang berlangsung dalam suatu lingkup perusahaan, lembaga, atau instansi merupakan gambaran mengenai proses bisnis yang dilakukan agar mencapai tujuan yang diharapkan. Hal tersebut perlu didukung dengan langkah kerja yang menjamin arah dari proses bisnis tersebut tetap sesuai dengan tujuan semula. Oleh karena itu, penting nya alur kerja ditetapkan untuk membentuk tatanan kerja yang baik dan mengurangi kegiatan-kegiatan rangkap. Salah satu faktor penyebab tidak efisien dan efektif setiap bagian dalam mengelola proses bisnis, dikarenakan tidak ada perencanaan awal yang dilakukan atau alur kerja tidak dibuat sesuai kebutuhan yang ada. Tulisan ini berisi studi mengenai manajemen dokumen dan alur kerja.
Hasil akhir tulisan ini berupa sebuah rancangan sistem yang bisa digunakan sebagai langkah awal untuk pembuatan perangkat lunak sistem manajemen dokumen dan alur kerja. Penyusunan proyek akhir ini menggunakan metode studi literatur, pengumpulan informasi dan data di lapangan agar sistem informasi yang dimodelkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk mengurangi perbedaan persepsi dalam pemahaman model, memudahkan dalam pengaturan, perluasan, serta pemeliharaan hasil rancangan, serta memudahkan pengkodean dalam tingkat perancangan aplikasi maka digunakan metode berorientasi obyek dengan UML (Unified Modeling Language) sebagai bahasa dalam pemodelannya dan UP (Unified Process) sebagai proses pembangunan perangkat lunak.

Activities conducted inside a company, institution or organization represents its business process performance to reach desired destination of the organization. The process needed to be supported by working flow to ensure that the direction of business process suitable with the initial purpose. That is a reason why a working low needed to be established to develop appropriate working structure and decrease overlapping. The ineffective and inefficiency to manage a workstation might because the initiate planning or working flow was not well formulated. This paper contains study regard with workflow and document management.
The main result from this paper is a system design which can be used as a preliminary step for developing a workflow and document management system. Methods being used on this paper are references study, field information and data gathering. All of those methods are to ensure the result fit to user?s requirement, To reduce the difference of perception, make it manageable, extendable, maintainable and easier in coding the design of system, we use object oriented method with UML (Unified Modeling Language) as the visual language in modeling the business and UP (Unified Process) as a software development process.

 File Digital: 6

Shelf
 PA-133-Sistem manajemen-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 PA-133-Sistem manajemen-HA.pdf :: Unduh
 PA-133-Sistem manajemen-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 PA-133-Sistem manajemen-Lampiran.pdf :: Unduh
 PA-133-Sistem manajemen-Abstrak.pdf :: Unduh
 PA-133-Sistem manajemen-Bibliografi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 78 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Fasilkom UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-20-402799501 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 127089