:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Hubungan budaya kerja dan iklim organisasi dengan kepuasan kerja perawat pelaksana diruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Anutapura Palu = The Relation of Work Culture and Organizational Climate to Cinical Nurse Job Satisfaction in patient room of Anutapura Palu General Hospital

Kolomboy, Fajrillah; Krisna Yetti, supervisor; Rr. Tutik Sri Hariyati, supervisor; Anwar Kurniadi, examiner; Allenidekania, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Kajian utama dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan budaya kerja dan iklim organisasi dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Jenis Penelitian ini diskriptif korelasi yang menggunakan metode cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu semua perawat pelaksana 173 orang namun yang menjadi responden dan mengembalikan kuesioner dengan lengkap dan layak uji berjumlah 156 orang. Penelitian ini menggunakan empat instrumen yaitu kuesioner karakteristik perawat, budaya kerja dengan 10 pernyataan, kuesioner iklim organisasi 40 pernyataan. Ke empat instrumen ini telah dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Analisa data menggunakan uji univariat (proporsi), bivariat (Chi Square) dan dilanjutkan uji multivariat (Regresi logistik ganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja perawat dalam kategori baik 52,6%, iklim organisasi dalam kategori baik 50,6% dan kepuasan kerja perawat pelaksana dalam ketegori puas 53,8%. Hasil uji hubungan ditemukan fakta bahwa tidak ada hubungan variabel pengganggu (karakteristik perawat) dengan kepuasan kerja. Penelitian ini juga menunjukan ada hubungan yang bermakna antara budaya kerja dengan kepuasan kerja (p-vaZue 0,002) demikian juga iklim organisasi menunjukan hubungan yang bermakna dengan kepuasan keija (p-vaZue 0,000). Hasil uji multivariat menunjukan bahwa variabel yang paling berhubungan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana adalah iklim organisasi dengan nilai OR terbesar yaitu 5,966 artinya iklim organisasi yang baik mempunyai peluang 5,966 kali untuk memberikan kepuasan keija perawat pelaksana setelah dikendalikan oleh budaya kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti mengusulkan pihak manajemen Rumah Sakit Umum Anutapura Palu untuk menciptakan budaya keija yang baik dan iklim organisasi yang kondusif secara sistemik dan berkesinambungan sehingga kedua variabel tersebut dapat bersinergi untuk meningkatkan kepuasan kerja. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengekplorasi lebih dalam tentang budaya kerja dan iklim organisasi yang spesifik bagi perawat dengan desain penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi agar lebih obyektif dan sesuai dengan kondisi nyata.

Aims: This study aims to identify the relationship of work culture and organization climate to clinical nurse job satisfaction in Anutapura General Hospital.
Methodologi: Research design was descriptive analytic correlation using cross sectional approach. Sampling in the research were total sampling (173) of clinical nurse who works in 13 wards Anutapura Palu General Hospital with response rate 156 respondent (90,1%). Using 4 different instruments, which were concsist of 10 questions fpr work culture, 40 questions for organizational cultures, 35 questions for job satisfaction, and respondent characteristics. Data Analysed using univariate (proportion), bivariate (chi-square test), and multivariate (regression multiple logistics test. Results: this study results shown that 52,6% nurses’ work culture were in good category; 50.6% organizational climate were in good category and 53,8% of clinical nurse State satisfaction in their jobs. In bivariate analysis, there where significant relationships between work culture and nurses’ job satisfaction (p-value 0,002) and between organizational climate and nurses’ job satisfaction (p-value 0,000). There were not significant relationships between nurses characteristics as confounding factors and nurses’ job satisfaction. In multivariate analysis, the factor that has the most significant relationships whit nurses job satisfaction
was organizational climate, when it had been controlled by work culture. Research implications for Anutapura Palu General Hospital are to create a better work culture and organizational climate by countinuously improvement so that both variables could grow in synergy wasy in improving nurses’ job satisfaction. For the next research, the qualitative design with observational approach can be applied to obtain data as objective and accurate as possible.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T26559
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 106 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T26559 15-23-52482020 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 128172