Tesis ini membahas tentang strategi bisnis pelayaran peti kemas perusahaan korporasi A.P. Moller ? Maersk dalam pasar Intra-Asia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif-analitis untuk melihat potensipotensi bersaing di dalam bisnis pelayaran peti kemas di kawasan Intra-Asia dan melihat potensi atau kekuatan internal A.P. Moller - Maersk. Analisis kekuatan terbesar adalah kekuatan tawar pelanggan bisnis pelayaran peti kemas, dan pemasok unit peti kemas, penyewaan kapal, bahan bakar minyak. Sedangkan kekuatan terendah adalah intensitas persaingan diantara para pebisnis pelayaran peti kemas, ancaman akan pendatang baru dan kekuatan produk pengganti. Kekuatan internal dengan memiliki akses penting ke pelanggan-pelanggan VIP, kapal-kapal berkapasitas besar, dan anak perusahaan yang berfokus kepada bisnis pelayaran di kawasan Intra-Asia. This thesis is to analyze the container shipping business strategy of A.P. Moller - Maersk Group in Intra-Asia Market. This research is a qualitative research with analytical-descriptive design in oder to see the competitive strength in Intra-Asia container shipping business and also to see A.P. Moller - Maersks internal strength. The biggest strengths in Intra-Asia market are bargaining position of customers of container shipping business and the suppliers of unit of container, vessel chartering, and vessel bunker. While the lowest strengths are rivaly among the competitors, the threat of new entrants, and the substitute products. A.P. Moller - Maersk's internal strength are access to Intra-Asia?s Key Clients, owns and operates vessels with big capacity, and owns company with the main business is shipping business in Intra-Asia. |