:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisis aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Syariah Mandiri

Sari Anggraeni Amiruddin; Siregar, Sylvia Veronica Nalurita Purnama, supervisor; Thomas Honggo Secokusumo, supervisor; Gede Harja Wasistha, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Dengan semakin meningkatnya era globalisasi, di dunia usaha semakin menyadari bahwa perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang mengacu pada single bottom line yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya saja, namun juga harus memperhatikan aspek sosial dan lingkungannya. Karena, menggantungkan semata-mata kepada kesehatan finansial belum tentu menjamin perusahaan bisa tumbuh secara berkelanjutan (sustainable). Tujuan dari karya akhir ini adalah melakukan analisis aktivitas Corporate Social Responsibilily pada Bank Syariah Mandiri sebagai bagian dari tanggung jawab yang bersifat sosial dari suatu perusahaan, untuk mengetahui konsep dan pelaksanaan program CSR pada Bank Syariah Mandiri, prosedur kebijakan dalam pengambilan keputusan rentang kegiatan CSR, tingkat efektivitas pelaksanaan CSR Bank Syariah Mandiri, dan manfaat-manfaat yang diterima oleh para stakeholder khususnya karyawan, nasabah, dan masyarakat atas pelaksanaan CSR di Bank Syariah Mandiri. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa Bank Syariah Mandiri telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial kepada karyawan. masyarakat, dan nasabah. Pelaksanaan manajemen program CSR telah dilaksanakan dengan baik dan terprogram, kegiatannya sangat tergantung pada pemimpin divisi yang terkait dengan CSR, yang dalam menentukan jenis kegiatan CSR memperhatikan prioritas kegiatan, manfaat/faedah. mengatasi, mencegah masalah sosial, bersifat menguntungkan bagi perusahaan, dan anggaran dana yang tersedia. Secara menyeluruh efektivitas program CSR yang dilaksanakan selama ini oleh BSM telah berjalan dengan baik, hanya saja terdapat kekurangan, dimana sampai saat ini BSM tidak memiliki aturan yang secam ekaplisit dan khusus untuk rnenilai penyaluran dana CSR dari pihak BSM kepada pihak terkait. lmplementasi tingkat tanggung jawab sosial pada BSM bukan hanya sekedar memberikan bantuan dan sumbangan dana tetapi juga mengembangkan pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi begitupun dengan nasabah dan karyawan BSM yang telah merasa puas terhadap tanggung jawab sosial yang BSM berikan kepada mereka. Adapun manfaat-manfaat yang diterima oleh karyawan, nasabah, dan masyarakat contohnya adalah adanya peningkatan pertambahan kualitas sarana dan prasarana umum peningkatan kemandirian masyarakat secara ekonomis, serta peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat secara berkelanjutan.

In the globalization era, companies no longer face single bottom line responsibilities where corporate values are reflected not only by their financial conditions but also their social and environment aspects. Companies' sound financial conditions do not guarantee the sustainability of companies' growth. Therefore, the pllrpose of this theses is to analyze Corporate Social Responsibility activities in Bank Syariah Mandiri as part of corporate responsibilities and to find out about the concept and application of CSR program in Bank Syariah Mandiri, the procedures in making policy decision concerning CSR activities, the effectiveness of CSR program in Bank Syariah Mandiri, and the benefits received by its stakeholders especially its employees, customers, and society from CSR program in Bank Syariah Mandiri. Based on this study, Bank Syariah Mandiri has been implementing various social activities to its employees, society, and customers. The management of CSR program has been well programmed where its activities really depend on head of dlvision related to CSR who in determining CSR activities looks upon priority, benefit. social problem solving, corporate profitability, and budget availability. In whole, the effectiveness of CSR program in BSM is good, Nevertheless, until now BSM still does not have explicit and special rules to assess the donation of CSR fond from BSM. The CSR implementation in BSM is not only giving charity and donation but also empowering the society's social and economic condition as well as giving satisfaction to lhe customers and employees. The benefits received by stakeholders are, for example, the quality improvement of public facilities, the society's economic independence improvement and the sustainable increase of society 's quality of life.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T27022
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 88 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27022 15-23-07406739 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 129924