:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Kinerja portofolio-portlio yang dikelompokan berdasarkan growth value map untuk jangka waktu tertentu

Hendra; Sembel, Roy Hendra Michael, supervisor; Ancella Anitawati Hermawan, examiner; Eko Rizkianto, examiner (Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Dalam pengelolaan portofolio, manajer investasi perlu memilih aset-aset yang yang menunjang kinerja portfolio. Dengan tingkat risiko tertentu ingin dicapai tingkat pengembalian yang sebesar-besarnya dengan mempertimbangkan tujuan investasi dari investor sesuai dengan jangka waktu investasi yang diinginkan oleh investor. Karya akhir ini bertujuan untuk mengetahui portofolio dengan aset-aset seperti apa yang menunjukan kinerja terbaik untuk jangka waktu tertentu dengan cara mengelompokkan aset-aset berupa saham perusahaan ke dalam empat kelompok sesuai dengan kinerja masing-masing perusahaan. Selanjutnya, membentuk alternatif portofolio investasi dan membandingkan kinerja dari masing-masing portofolio tersebut untuk jangka waktu satu sampai empat tahun dengan kinerja dari portofolio pasar.
Penelitian dalam karya akhir ini menggunakan 3 (tiga) metode pembobotan asetaset dalam portofolio yaitu (1) dengan Markowitz`s Efficient Frontier dalam menentukan bobot masing-masing aset untuk memperoleh portofolio yang optimal, (2) bobot yang sama untuk tiap-tiap aset dalam portofolio, dan (3) bobot masing-masing aset berdasarkan kapitalisasi pasar dari aset tersebut. Periode penelitian dan alternatif portofolio dalam karya akhir ini adalah dari periode 2004 sampai dengan 2007. Langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) melakukan pengelompokkan asetaset yang terdaftar dalam KOMPAS 100 periode Februari - Agustus 2008 ke dalam 4 (empat) kategori, (2) menentukan bobot dari masing-masing aset dalam tiap portofolio dengan menggunakan 3 (metode) pembobotan di atas, (3) mengukur kinerja dari masing-masing portofolio untuk tiap-tiap periode dan metode pembobotannya dan dibandingkan dengan portofolio pasar, (4) melihat pengaruh dari indikator makro seperti tingkat inflasi, tingkat suku bunga SBI, nilai tukar mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, dan Indeks Harga Saham Gabungan terhadap kinerja dari masing-masing portofolio, dan (5) menentukan portofolio mana yang sesuai untuk suatu jangka waktu tertentu. Kemudian dari hasil tersebut diberikan masukan dan saran bagi investor dalam hal pemilihan portofolio yang sesuai untuk jangka waktu investasi yang diinginkan.

 Metadata

No. Panggil : T27112
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 109 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27112 15-19-889977835 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 130163