ABSTRAKTesis ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pustakawan bertahan lama bekerja (retensi) di perpustakaan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan retensi terutama dipengaruhi oleh keinginan menjadi pegawai tetap dan faktor-faktor lain yaitu faktor budaya organisasi, pimpinan, kontinuitas dan keamanan kerja, pengembangan karir, perencanaan karir formal, kondisi fisik lingkungan dan pekerjaan, kesesuaian kompetensi dengan deskripsi kerja, fleksibilitas kerja, hubungan karyawan dengan tempat kerja dan hubungan karyawan dengan rekan kerja. Penelitian juga menunjukkan bahwa pustakawan tidak puas akan penghargaan yaitu gaji dan tunjangan. Peneliti menyarankan agar kepala sekolah memperhatikan dan memperjuangkan hak-hak pustakawan seperti yang tercantum dalam Undang-undang Perpustakaan. ABSTRACTThe focus/ this study is to analysis some factors that influence the retention of school librarians. This study is qualitative research using case study method. The results of study shows that librarian?s is the chance to get full time employee retention position. The other factors are the organizational culture, leadership, job security, career development, formal career planning, work environment, job descriptions, job flexibilities, and relationships with colleagues. The study also shows that librarians are not satisfied with their remuneration. The researcher suggests that school principals give more offer be more concerned and give more attention to the librarian?s rights as state in Indonesian Library Act issued in 2007. |