:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisa perbandingan antara penerapan sistem tradisional dan activity-based costing dalam upaya peningkatan laba (studi kasus pada PT Wiraraja Investindo Nusantara)

Derirosa Amelia; Thomas Honggo Secokusumo, supervisor; Lindawati Gani, examiner; Gede Harja Wasistha, examiner (Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Studi kasus yang dilakukan pada PT. Wiraraja Investindo Nusantara dalam penelitian ini mengenai perbandingan penggunaan dua metode/pendekatan dalam perhitungan biaya produk. Kedua pendekatan tersebut adalah tradisional dan activity-based costing (ABC). PT. Wiraraja Investinde Nusantara sendiri sampai saat ini belum menerapkan manajemen biaya ke dalam perhitungan biaya produksinya. Harga pokok produksi per unit selama ini dihitung berdasarkan estimasi atau perkiraan yang dibuat oleh bagian pemasaran. Metode yang digunakan tersebut tentu saja masih akan menimbulkan kemungkinan overcosted maupun undercosted. Perhitungan biaya produksi yang dilakukan dengan pendekatan tradisional dan ABC memberikan hasil yang berbeda. Namun demikian hasil perhitungan dengan pendekatan ABC menghasilkan harga pokok produksi yang lebih akurat karena masing-masing cost pool per aktivitas telah dialokasikan ke dalam unit produk dengan menggunakan cost driver ang relevan, sehingga biaya yang dibebankan ke dalam masing-masing produk sesuai dengan penggunaan biaya sumber daya dari produk tersebut.

The case study ini PT. Wiraraja Investindo Nusantara compares the calculation of production cost using two methods: traditional costing (volume-based costing) and activity-based costing (ABC). PT. Wiraraja Investindo Nusantara until now has not used the cost management yet in the production cost calculation. The production cost is calculated based on estimating which has been done by marketing department. Surly, the calculation method used has the possibility for product to be undercosted or overcosted. The calculation of production cost using both methods, traditional and ABC, shows the different results. However, the calculation of production cost using ABC approach resut more accurate number due to each cost pool for the activities has been allocated into unit product using relevant cost driver. ABC approach make possible for the cost applied to each product to be appropriate with the usage of resource cost.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T27192
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 91 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27192 15-19-919713263 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 133320