:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pemaknaan koleksi serangga Museum Zoologicum Bogoriense dari sudut pandang ethno -entromologi

Rofik Sofyan; Noerhadi Magetsari, supervisor; Kresno Yulianto Soekardi, supervisor; Heriyanti Ongkodharma, examiner; Ali Akbar, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang pemaknaan koleksi serangga dari sudut pandang ethno-entomologi, serta komunikasi yang digunakan dalam penyampaian pemaknaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Museum Zoologicum Bogorinse pada bulan Januari sampai Juni 2010. Dalam penelitian ini telah dilakukan pemaknaan terhadap 25 jenis koleksi serangga Museum Zoologicum Bogoriense. Komunikasi yang dilakukan adalah dengan pameran dan kegiatan edukatif. Teori pendidikan yang digunakan di museum adalah didactic expository. Penambahan teori pendidikan discovery sangat cocok untuk MZB yang memiliki kekhususan sebagai museum pengetahuan. Kegiatan edukatif yang dilakukan adalah bimbingan keliling museum, ceramah, pemutaran slide/ film/video, bimbingan karya tulis, dan pelatihan-pelatihan.

This thesis explains insect collection interpretation from the ethno-entomology view and methodology to communicate the interpretation. This research is descriptive one using a qualitative approach. This research is conducted in Museum Zoologicum Bogoriense in January until June 2010. During this research, this research is conducted for the insect collection stored in Museum Zoologicum Bogoriense and has successfully interpreted 25 specimens. Beside of implementing the didactic expositor, the museum should also apply discovery because of its role as science museum. Several seucative activities conducted in the museum are lecturing, slide and movie shows, scientific writing supervising, and trainings.

 Metadata

No. Panggil : T27880
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 126 pages : illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27880 15-19-608029938 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 133640