:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Perancangan sistem informasi untuk KPI toyota production system (TPS) untuk penanganan abnormality problem = KPI information system design for Toyota Production System (TPS) for handling problems abnormality

Indrawan; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor; Yadrifil, supervisor; Fauzia Dianawati, examiner; Akhmad Hidayatno, examiner (Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

PT.TMMIN adalah sebuah perusahaan perakitan kendaraan beroda empat yang menggunakan Toyota Production System (TPS). Tujuan TPS adalah untuk membuat produk dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan penjualan. Kalau produk dapat dibuat dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan penjualan, maka tidak dibutuhkan inventory. Tidak perlu memesan part yang tidak dibutuhkan, sehingga modal dapat dipertahankan ke suatu nilai minimum. Ada dua pilar yang mendukung TPS, adalah 'Just-in-Time' dan 'Jidoka'. Just in time (JIT) adalah memproduksi dan mengirim barang yang diperlukan pada saat diperlukan dan sejumlah yang diperlukan. Line produksi yang mempunyai banyak problem atau ketidaknormalan mengakibatkan banyak terjadinya Line stop yang mengganggu sistem produksi JIT atau Pull System. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem informasi untuk memvisualisasikan kondisi line produksi secara real time sehingga semua pihak yang terlibat dapat dengan segera mengembalikan ketidaknormalan yang terjadi di Line produksi sehingga Pull System yang digunakan pada perusahaan tersebut berjalan dengan baik dan membuat Line produksi tersebut menjadi ramping (Lean Manufacturing).

PT. TMMIN is an automotive assembling company company that uses the Toyota Production System (TPS). The purpose of TPS is to create products with the same speed with the speed of the sale. If the product can be made with the same velocity with a velocity of sales, no inventory needed. No need to order parts that are not needed, so that capital can be maintained to a minimum value. There are two pillars that support the TPS, is "Just-in-Time" and "Jidoka". Just in time (JIT) is to produce and send the necessary goods when required and amount required. Production line which has many causes many problems or abnormalities that interfere with the Line stop JIT production system or Pull System. The objective of this research is to design infomation system for visualizing the conditions of the production line in real time so that all parties involved can immediately restore the abnormalities that occur in production, so Pull Line System which is used in that company is doing well and making production line is to be lean (Lean Manufacturing).

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T27926
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 52 pages : illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T27926 15-19-310201123 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 135656