:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Strategi Pertumbuhan Kantor Akuntan Publik (KAP) Baru: Studi Kasus pada KAP JAS

Aria Kanaka; Jusuf Halim, supervisor; Gede Harja Wasistha, examiner; Thomas Honggo Secokusumo, examiner (Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Tesis ini membahas strategi pertumbuhan yang diterapkan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) baru dalam rangka pengembangan usahanya. Penulisan ini adalah penulisan kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini menunjukkan KAP JAS dalam pengembangannya menggunakan external growth melalui merger yang dipadu dengan internal growth melalui penetrasi pasar untuk kesinambungannya. Permasalahan yang dihadapi terutama adalah kesulitan mempertahankan strategi penetrasi pasar karena pasarnya sangat terkonsentrasi di Big Four dan Second Tier, turn over yang tinggi dari staf profesionalnya dan belum adanya aliansi dengan pihak asing.
Hasil penelitian ini menyarankan agar KAP JAS melakukan strategi pengembangan produk dengan menyediakan jasa-jasa yang bersifat niche market dan tidak dilakukan oleh Big Four, menjaga sumber daya dengan memberikan nutrient information dan information consciousness melalui pelatihan dan kemudahan untuk mengakses informasi untuk meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan turn over serta melakukan aliansi dengan KAP/OAA untuk meningkatkan competitive advantage.

The focus of this study is the analysis of growth strategies implemented in new CPA firm to expand the business. This study is qualitative descriptive interpretive. The study showed that KAP JAS using external growth through merger combined with internal growth through market penetration for sustainability. The problems mainly come from difficulty to maintain market penetration because the market are concentrated in Big Four and Second Tier, highly turn over of professional staff and the absent of international alliance.
Results of the study suggest KAP JAS to create product development and provide services with niche market segment which services are not provided by Big Four, maintain human resources through nutrient information and information consciousness thorugh training and ease of access to information to increase job satisfaction and reducing turn over and make alliance with international CPA to increase competitive advantage.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T28297
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 54 page : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T28297 15-19-691405131 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 136485