:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penelitian pendahuluan tentang kecenderungan remaja terhadap novel populer (studi kasus di SMA 3 BPK Penabur KPS Jakarta)

Jhon Salmar Saragih; Sarumpaet, Riris Kusumawati, supervisor; Panuti Soedjiman, examiner; B. Suhardi Prawiroatmodjo, examiner (Universitas Indonesia, 1990)

 Abstrak

Penelitian mengenai kecenderungan remaja terhadap novel populer dilakukan diSMA 3 BPK Penabur KPS Jakarta, bulan Januari s.d. April 1929 dan Januari s.d. April 1990. Tujuannya adalah (1) untuk rnendapatkan data tentang motivasi remaja nembaca novel populer, (2) untuk mengetahui nama dan topic, (3)cerita yang disenangi remaja, dan mendapatkan data ada tidaknya hubungan antara tingkah laku remaja dengan topik bacaannya.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diba_gikan langsung kepada responden. J umlah responden adalah 159 orang, khusus untuk analisis statistik korelatif ditetapkan 60 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi remaja membaca novel populer karena dunia remaja banyak diceritakan dan pengetahuan mereka bertambah dengan membaca novel populer. Dari 152 judul novel populer yang dibagikan kepada responden terpilih lima buah novel populer yang banyak pembacanya. Kelima buah novel itu menceritakan kisah asmara dan kisah detektif--ini membuktikan tema-tema yang disenangi remaja adalah kisah asmara dan kisah detektif. Penelitian ini juga telah membuktikan bahwa ada korelasi yang berarti antara tingkah laku remaja dengan topik bacaannya. Untuk analisis korelasi ini dipakai rumus Pearson diuji dengan rumus Spearman. Hasil perhitungan menunjukkan r hitung lebih besar dari r tebal yaitu 0,91 1ebih besar dari 0,250.
Penelitian ini masih :dalam taraf pendahuluan, karena itu disarankan kepada yang berminat agar diteliti masalah yang sama dengan sampel yang lebih banyak.

 File Digital: 1

Shelf
 S 6091e.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S11154
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : iv, 126 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S11154 14-19-834436363 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156048