Sebuah karja sastra dengan latar pengarang dan masanja hendak diperlihatkan oleh tulisan ini. Karja sastra adalah wakil pribadi pengarang suatu gaja hidup jan tidak dapat dinjatakan dengan tjara lain. Karja sastra adalah unik. Namun apakah dengan demikian, dia dapat dilepaskan dari pengarangnja serta masanja? Seorang pengarang bias mengatakan bahwa dia tidak bertanggungjawab lagi atas karja jang dihasilkannja. Dia sekedar mentjipta. Titik. Tapi kenjataannja., tidak djarang pengarang tergoda untuk menanggapi kritik atas karjanja. Sesungguhnja masalah pengarang tidak hanja mentjpta, sekedar mentjpta. Tapi ada sesuatu jang esensiil jang hendak dipertaruhkan dalam prose situ, jakni kebebasan. Imadjinasi adalah suatu wujud kebebasan, berkenalan mendjeladjahi sudut-sudut kemungkinan, salah satu daja dalam diri pengarang jang pada saat-saat tertentu menuntut suatu bentu. Tehnik sebagai suatu tjara pemberian bentuk, tidak dalam arti mekanis jang mengingatkan orang kepada mesin, dimana bagian-bagiannja merupakan bentuk jang telah selesai. Artinja, dia dapat diterapkan pada kerangka lainnja. Disinilah terdapat perbedaan prinsipiil dengan karya sastra, dimana bagian-bagiannja setjara fungsionil merupakan kesatuan organis jang tidak dapat direnggutkan untuk diterapkan pada karja sastra jang lain. Tehnik dalam karja sastra mempunjai pengertian estetis. |