:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Fonologi bahasa Bima dialek Bima : sebuah tinjauan deskriptif

Rita Zahara; Djoko Kentjono, supervisor; Panuti Soedjiman, examiner; Kawira, Lita Pamela, examiner ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Fonologi Bahasa Bima dialek Bima (BBDB) belum pernah diteliti orang, padahal banyak unsur fonologi yang menarik untuk dibicarakan di dalamnya. Adapun ciri-ciri fonologi bahasa Bima secara umum telah ada beberapa orang sarjana yang membicarakannya, walaupun hanya sepintas lalu. Mereka tidak menjelaskan dialek mana atau ragam apa yang mereka bicarakan . Sehingga sampai sekarang belum ada rumusan yang jelas mengenai deskripsi fonolog i bahasa yang d ipakai di kabupaten Bima. Dalam penelitian ini saya membicarakan deskripsi fonologi bahasa Bima dengan memilih salah satu dialek bahasa Bima dari lima dialek yang ada, sebagai titik pengamatan yaitu Bahasa Bima dialek Bima.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mencari unsur-unsur fonologi BBDB. Unsur-unsur fonologi tersebut saya analisis menjadi tiga bagian, yaitu analisis fonetik, fonemik din fonotaktik. Analisis fonetik menyelidiki bunyi-bunyi BBDB yang dihasilkan oleh alat ucap manusia, analisis fonemik mencari fonem-fonen BBDB, dan analisis fonotaktik untuk mencari pola suku kata.
Penelitian ini berguna untuk memberi sumbangan terha_dap i lmu fonologi melalui informasi unsur-unsur fonologi BBDB, juga memberi kan sumbangan bagi pemahaman tentang deskripsi fonologi BBDB.
Dari penelitian ini secara garis besar dapat disimpulkan:
(1) BBDB memiliki bunyi yang dihasilkan dengan arah arus udara ingresi yang foneris, yaitu [ b< ] dan [ d< ]; (2) BBDB memiliki fonem glotal / ? / dan tidak memiliki diftong; (3) Deret vokalnya merupakan vokal rangkap; (4) semua kata dalam BBDB berakhir dengan vokal; (5) semua fonem vokal mempunyai alofon lebih dari satu; (6) jika dibandingkan dengan Bahasa Indonesia, BBDB tidak memiliki fonem /e /. / y /, dan / n /; (7) pola suku katanya adalah V, KV, KKV; (8) terdapat gejala penghilangan vokoid dalam kata, frase, maupun klausa.

 File Digital: 1

Shelf
 S 44190e.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S11151
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xi, 126 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S11151 14-19-368418335 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156191