:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Onomatope dalam bahasa Jawa sebuah analisis fonematis

Winarto, promotor; Harimurti Kridalaksana, 1939-, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994)

 Abstrak

Onomatope dalam bahasa Jawa merupakan maslah menarik yang masih jarang diteliti. Dari catatan dan pengamatan yang penulis lakukan pembahasan onomatope bahasa Jawa dilakukan sebagai bagian dari suatu pembahasan yang lebih besar. Melihat hal ini, penulis mencoba menuangkan dan mengambil onomatope sebagai data. Dengan bantuan dari referensi yang dapat penulis kumpulkan, maka disusun suatu tinjauan yang merupakan penggabungan dari pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya. Dengan demikian dapat mencakup segala bentuk onomatope yang terdapat dalam bahasa Jawa. Pembahasan onomatope bahasa Jawa yang dilakukan di dalam skripsi ini meliputi pengklasifikasian dan analisis fonematis.
Pengklasifikasian dilakukan berdasarkan; tiruan bunyi yang dihasilkan oleh benda, hewan, dan manusia; tiruan gerak; penyerta kata tiruan bunyi; penyerta verba; dan tiruan sifat. Kemudian dari pengklasifikasian tersebut dibedakan lagi dengan kata yang bersuku satu. Pembahasan kedua adalah analisis fonematis onomatope bahasa Jawa. Pola fonematis onomatope bahasa Jawa mempunyai keunikan dibandingkan pola fonematis bahasa Jawa pada umumnya karena pola-pola fonematis onomatope bahasa Jawa adalah pola yang jarang terdapat dalam bahasa Jawa.
Dari dua puluh empat pola fonematis onomatope bahasa Jawa terdapat sembilan pola dari sepuluh pola ideal bahasa Jawa, selebihnya adalah pola yang jarang terdapat dalam bahasa Jawa. Onomatope dalam bahasa Jawa dapat berdiri sebagai kata apabila mengalami proses gramatikalisasi dengan formanya. Selain itu terdapat proses pembentukan kata melalui proses morfologis; afiksasi; reduplikasi; dan komposisi.

 File Digital: 1

Shelf
 S 950288_Onomatope Dalam Bahasa.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S11452
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 126 lembar; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S11452 14-20-797907994 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156265