:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pendudukan tentara Jepang di Tanah Melayu, 1941-1945 (kasus di Ulu Langat)

Ahmad Fauzi Bin Ismail; Leirissa, Richard Zakarias, supervisor; Soetopo Soesanto, examiner ([Publisher not identified] , 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Pendudukan tentara Jepang di Tanah Melayu berlangsung tidak terlalu lama yaitu kurang lebih tiga setengah tahun. Walaupun tempoh waktu tersebut tidak begitu lama jika dibandingkan dengan pemerintahan Inggris, pendudukan tentara Jepang di Tanah Melayu banyak meninggalkan kesan kepada rakyat dan susah untuk dilupakan. Berbagai kesulitan dan kesusahan dalam menjalani kehidupan di masa pendudukan tentara Jepang rnembuat rakyat cukup menderita. Kekurangan bahan makanan terutamanya beras telah membawa kepada kelaparan dan menyebarnya penyakit. Penderitaan yang dihadapi oleh rakyat pada waktu itu memburukkan imej pemerintah tentara Jepang yang berjanji akan membawa perubahan kepada rakyat Tanah Melayu yang telah dirugikan oleh pemerintah Inggris.
Walau bagaimana pun di beberapa tempat misalnya di Ulu Langat, pemerintah tentara Jepang bersikap lunak sehingga penderitaan dan kesulitan penduduk di sana tidak separah seperti di tempat-tempat lain. Di Ulu Langat tentara Jepang lebih menumpukan perhatian kepada rumah sakit yang didirikan khusus untuk menampung tentara Jepang yang cedera dalam peperangan. Dan di Ulu Langat sendiri jumiah penduduk Melayu jauh lebih besar dari kaum-kaum lain. Pemerintah tentara Jepang memang sejak dari awal sudah coba untuk berbaik-baik dengan kaum Melayu dan anti terhadap kaum Cina. Ini merupakan salah satu muslihat yang digunakan oleh Jepang untuk berhasil di Tanah Melayu.
Penelitian ini mengunakan sumber arsip, sumber perpustakaan, dan wawancara

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ahmad Fauzi bin Ismail.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S12217
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 91 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S12217 14-19-376759960 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20156825